Dubes Mesir untuk RI Jelaskan Pentingnya Pendidikan bagi Kemajuan Negara di Wisuda UMM

Author : Humas | Kamis, 30 Juni 2022 07:02 WIB
Dubes Mesir untuk RI memberikan pesan kepada wisudawan UMM (Foto : Rino Humas)

Pendidikan memiliki peranan penting dalam perkembangan berkelanjutan sebuah negara. Kalimat tersebut disampaikan oleh duta besar (Dubes) Mesir untuk Indonesia H.E. Ashraf Mohamed Moguib Sultan pada pengukuhan wisudawan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Prosesi wisuda tersebut diselenggarakan di Dome UMM, pada Kamis (30/6) lalu.

Lebih lanjut, Ashraf menjabarkan bahwa pendidikan memiliki peranan penting untuk membantu perkembangan bidang industri, agrikultur, dan perputaran ekonomi. Pendidikan juga membentuk masyarakat agar mampu berkembang menuju arah yang lebih baik. Namun kini akses untuk mendapatkan pengetahuan yang relevan semakin susah karena perkembangan zaman yang makin cepat.

Baca Juga : Alumnus UMM Beberkan Lima Kiat Hadapi Persaingan Kerja di Acara Wisuda UMM

“Untuk mengembangkan pendidikan suatu negara, perlu adanya kolaborasi antara negara satu dengan yang lain. Dengan begitu, tiap negara bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas masyarakat di berbagai bidang. Hal itulah yang sedang dilakukan oleh Indonesia dan Mesir. Kami banyak melakukan pertukaran pelajar antar masing-masing negara sehingga dapat membangun pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik,” katanya.

Dalam pengembangan pendidikan di Mesir, Ashraf menjelaskan bahwa pemerintah juga tengah menyesuaikan sistem pendidikan dengan kebutuhan pasar. Hal ini diikuti oleh pengembangan regulasi yang cocok dengan standar modern yang berlaku. Pun dengan peningkatan kualitas universitas serta kapasitas mahasiswa. ”Penting juga bagi kita untuk membentuk generasi muda yang berpendidikan dan juga melatih mereka menjadi generasi yang kreatif serta inovatif,” ujar Ashraf.

Senada dengan Ashraf, Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. juga menjelaskan pentingnya menguasai pengetahuan akademik dan kemampuan leadership bagi wisudawan. Dua hal ini telah diajarkan UMM melalui kegiatan perkuliahan maupun kegiatan lain seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Lembaga Semi Otonom (LSO). 

Baca Juga : UMM-Bea Cukai Kenalkan tentang Cakap Cukai

“Untuk lebih mengasah skill mahasiswa, kami juga akan segera meluncurkan program besar universitas bernama Center Of Excellence (CoE) berbasis Program Studi (Prodi). Program ini dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar terkini. Bukan hanya untuk mahasiswa UMM, tapi juga unutk alumni dan masyarakat yang ingin mendalami bidang-bidang terkait,” lanjut Fauzan. 

Tak hanya berfungsi sebagai sarana pengukuhan, gelaran wisuda ini juga memfasilitasi mahasiswa untuk menjajakan produk wirausahanya melalui bazar wisuda. Selain sebagai upaya mendapatkan profit, bazar ini juga menjadi sarana mengenalkan produk-produk karya mahasiswa UMM ke masyarakat luas. 

“Bazar ini cukup membantu bagi kami yang sedang menunggu keluarga yang diwisuda. Produknya juga bervariasi, mulai dari makanan ringan, minuman, hingga hadiah-hadian untuk para wisudawan seperti buket bunga, buket jajan, dan lilin aroma terapi,” kata Salsabila Shofiya, salah satu pengunjung. (syi/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image