Kerjasama UMM

Penerimaan peserta Peace Corps USA 2012 oleh Rektor UMM
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Biro Kerjasama Luar Negeri (BKLN)

Terus berupaya meraih rekognisi internasional, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal. Untuk lebih meningkatkan pengelolaan kerjasama yang baik, khususnya dengan pihak luar negeri maka UMM membentuk Biro Kerjasama Luar Negeri (BKLN). Secara umum, BKLN bertugas untuk mencari, mengelola, menindaklanjuti kerjasama dengan unit terkait, memonitor dan mengevaluasi program yang sedang berjalan. Semua kerjasama yang dilakukan oleh masing-masing unit kerja diketahui oleh pimpinan Universitas.

Berbagai kerjasama yang dijalin UMM ini sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Pada bidang pendidikan, UMM memfasilitasi mahasiswa dan dosen untuk menempuh sekolah di luar negeri. Terdapat dua jenis bidang pendidikan yaitu pendidikan luar negeri bergelar (S2 dan S3) serta pendidikan luar negeri non gelar (sit in, credit learning, dan credit transfer). Untuk bidang pelatihan dan pengabdian masyarakat, salah satu mitra yang bekerjasama dengan UMM adalah ASIA Network Faculty Enhancement Program(ANFEP).

Selain itu, BKLN juga membuka akses lebih luas ke luar negeri dengan memperbanyak corner,melakukan koordinasi dengan divisi dan unit-unit kerja terkait (American Corner, ThailandCorner, China Corner,Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), Kursus Bahasa Asing (KBA) UMM, Language Center (LC), ACICIS dan Eminef Fulbright terkait mahasiswa asing di UMM. Tidak berhenti sampai disitu, BKLN juga kerap mengadakan pameran atau pementasan budaya untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia.

Dalam membangun upaya internasionalisasi, UMM memulai dengan tiga fase. Fase pertama yakni International Awareness tahun 2004-2008, fase kedua yaitu Building an International Atmosphere pada 2009-2013, dan fase ketiga Optimizing International Recognizing pada 2014-2019. Melalui visi misi tersebut UMM optimis tergetnya sebagai World Class University dapat tercapai.

 

 

 
 
Shared: