Dari Rektor

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di official website Universitas Muhammadiyah Malang,

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi tempat pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang konsisten menyebarkan energi positif ke khalayak luas. Sejak 1964, UMM terus  berkontribusi dan mengabdi pada Bangsa. Pada setiap generasi, UMM menjadi pemantik mimpi, membesarkan cita-cita, melahirkan pemimpin masa depan. 

Saya Dr. H. Fauzan, M.Pd, Rektor UMM akan terus membersamai, membawa UMM lebih maju dan meningkatkan kualitas di segala bidang, baik dari sisi kurikulum pendidikan, infrastruktur, layanan mahasiswa, kerjasama, ekspansi dan program-program internasional.

Seiring dengan semangat Merdeka Belajar, mahasiswa UMM diberikan keleluasaan mengembangkan diri baik di ranah akademik maupun non akademik sesuai dengan minatnya. Sebagai Kampus Merdeka, UMM juga memberikan bekal dengan menggabungkan pembelajaran di kelas dengan aplikasi nyata selama masa studi.

Tidak hanya berhasil mengukir prestasi nasional dan internasional seperti Juara 1 di Kontes Robot Amerika Serikat, langkah tersebut juga berhasil melahirkan berbagai mahakarya mahasiswa yang bermanfaat bagi masyarakat. Seperti Kampung Warna-Warni Jodipan dan Jembatan Kaca Ngalam, hingga Bukit Pelangi di Ponorogo.

Kehidupan di dalam kampus mengutamakan pemanfaatan teknologi di semua bidang, mulai dari layanan akademik, finansial, hingga administrasi. Ini penting, agar berbagai program dan aktivitas civitas akademika berjalan lebih efektif dan efisien.

Terus beriringan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, jumlah dan jenis program studi di UMM terus bertambah. Saat ini, tedapat 10 Fakultas Program Sarjana dengan 3 Program Studi Diploma III, 36 Program Studi Strata-1, 12 Program Magister, 5 Program Doktor,  serta 5 Program Profesi. Total mahasiswa mencapai lebih dari 30 ribu yang berasal dari dalam dan luar negeri.  UMM juga didukung oleh dosen, Profesor, Doktor dan karyawan yang bersinergi kuat dengan semangat profesionalitas. 

Sebagai Perguruan Tinggi Pembina untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah di wilayah Indonesia Timur, UMM telah terakreditasi A (Akreditasi dari BAN-PT No. 3289/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017).  Untuk tingkatan program studi, sebanyak 86% Terakreditasi A dan 14% sisanya terakrediatsi B.

Beberapa penghargaan juga sudah diraih UMM, salah satunya Akreditasi Sangat Baik dalam pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dari Dikti.  Selain itu, UMM masuk dalam kategori Bintang 2 (**) QS-Stars.

Tahun 2020 ini, UMM menjadi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Jawa Timur versi lembaga pemeringkat 4 Internasional College & Universitas (4ICU). Di tahun ini pula, UMM menerima Anugerah Kampus Unggul (AKU) ke 13 serta dan 3 kali AKU Kartika dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. Di samping itu, masih banyak prestasi dan penghargaan yang diterima, termasuk dari mahasiswa baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

Untuk melengkapi aplikasi ilmu mahasiswa, selain berbagai fasilitas terbaik di bidang akademik, UMM juga memiliki laboratorium terapan di berbagai bidang, mulai dari bisnis, kesehatan, hingga pertanian. Diantaranya Kapal Garden Hotel, Rayz Hotel UMM, SPBU UMM, UMM Bookstore, Rumah Sakit UMM, RS Surya Medika Sumbawa, UMM Medical Center,  UMM Dome, Taman Sengkaling UMM, Bengkel Yamaha dan Rinjani, BPR Rinjani, Pusat Penerbitan UMM Press hingga UMM Farm. 

Pengembangan ini juga menjadi profit center untuk meringankan biaya studi mahasiswa dan peningkatan kualitas pendidikan di UMM.

Selamat bergabung, bekerjasama dan  membesarkan mimpi untuk masa anda, kita, dan Indonesia.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Rektor,

 

Dr. H. Fauzan, M.Pd.

Shared:
×
Muhammadiyah