Asrama Mahasiswa

 

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjalin kerjasama dengan Kementerian Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Republik Indonesia untuk membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa). Proses pembangunan Rusunawa dimulai pada bulan Maret 2008 dan berakhir bulan Desember 2008.

 

Rusunawa 1 UMM dibangun di atas lahan seluas 4.000 m2 yang terletak di sebelah utara kompleks Kampus III UMM, tepatnya Jl. Jetis, Bawang Tegalgondo, Malang. Bangunan dibuat 2 blok, yaitu Blok A dan Blok B yang masing-masing berukuran 38 x 22 m. Blok A berkapasitas 240 orang dan Blok B dengan kapasitas 192 orang. Masing-masing blok terdiri dari dua bangunan berlantai empat.

Rusunawa 1 Blok A saat ini difungsikan sebagai penginapan harian yang dapat digunakan masyarakat umum. Sementara itu, Rusunawa 1 Blok B dikhususkan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) bagi mahasiswa baru.

 

Pada masing-masing blok, terdapat kamar hunian berukuran 5,2 x 4,2 m yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Kapasitas tiap kamar di Blok A adalah 4 orang, sedangkan di Blok B mampu menampung 3 orang. Fasilitas kamar terdiri dari tempat tidur, almari pakaian, dan meja-kursi. Sementara fasilitas lain yang disediakan di luar kamar antara lain: dapur, sarana peribadatan, hall, tempat parkir, taman, dan Wi-Fi.

 

Selain Rusunawa I, terdapat pula Rusunawa II yang terletak di sebelah stadion Kampus III UMM yang difungsikan sebagai asrama putri bagi mahasiswa baru. Rusunawa II dibangun pada tahun 2010 dan terdiri dari 1 blok bangunan berlantai empat dengan kapasitas tampung sebanyak 285 orang. Fasilias ruangan di Rusunawa II sama dengan yang terdapat di Rusunawa I, yaitu kamar yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam, tempat tidur, almari, tempat ibadah, dapur, hall dan tempat parkir.

Shared: