Waterboom Sengkaling UMM, Wisata Keluarga yang Nyaman dan Aman

Author : Humas | Selasa, 10 Mei 2022 07:36 WIB
Wahana waterboom bari di Sengkaling UMM (Foto: Istimewa)

Kini, masyarakat tidak perlu bingung lagi mencari waterboom yang nyaman dan aman untuk dijadikan destinasi wisata. Terbaru, ada Waterboom Sengkaling Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang baru saja diresmikan. Tidak hanya waterboom, taman rekreasi satu ini juga menyediakan beragam wahana yang bisa dicoba. Adapun saat libur lebaran minggu lalu, Waterboom ini terlihat dipadati oleh para pengunjung.

Dr. Achmad Mohyi, M.M. selaku general manager Sengkaling UMM menjelaskan bahwa waterboom ini menjadi salah satu inovasi yang sudah direncanakan. Utamanya dalam menyambut kehidupan normal setelah pandemi ini berakhir. Selain itu, adanya waterboom ini menjadi upaya pembaharuan dan penambahan wahana yang ada di taman rekreasi tersebut. Bukan hanya waterboom yang diperbarui, melainkan juga Kapal Pesiar Iptek yang menyuguhkan wahana edukasi.

Baca juga : Dosen UMM Tulis Buku Kenalkan Mediasi

“Jadi bukan hanya waterboom saja yang kita kenalkan, melainkan juga Kapal Pesiar Iptek yang bisa dikunjungi. Ada beragam alat peraga dan pelatihan ilmu pengetahuan. Salah satunya alat konservasi air dan pengolahan sampah yang bekerjasama dengan Laboratorium Teknik Mesin UMM,” terangnya.

Mohyi, sapaan akrabnya menegaskan bahwa waterboom Sengkaling UMM senantiasa diperiksa secara rutin dan memprioritaskan keselamatan. Dari segi konstruksi, penyangga yang kuat siap menopang perosotan. Ada sederet staf yang juga ditugaskan untuk mengawasi para pengunjung dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat menggunakan perosotan, pihaknya juga memberikan ketentuan maksimal berat badan pengunjung 70 kilogram. Saat meluncur, pengunjung juga diminta untuk melakukannya secara bergantian dan satu persatu. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya kecelakaan bisa ditekan.

Baca juga : Hadir di Halal Bihalal UMM, Menko PMK Minta Sivitas Akademika Tingkatkan Kepekaan Sosial

“Kalau kita lihat tragedi di Kenpark minggu lalu, terlihat bahwa kapasitas pengunjung yang meluncur sudah melebihi standar hingga terjadi kecelakaan. Hal itu dapat menjadi pelajaran bagi waterboom-waterboom serta distinasi wisata lainnya untuk terus melakukan pengecekan secara rutin dan selalu mengedepankan keselamatan,” tutur dosen asal Sampang tersebut.

Dosen manajemen UMM ini juga berharap Sengkaling bisa menjadi tujuan wisata yang menarik bagi masyarakat. Salah satunya dengan membenahi, memperbarui serta menambahkan wahana unik. Ia juga mengatakan bahwa ke depannya, Sengkaling akan mengusung konsep The Legend of Edupark. Dengan begitu, orang yang datang tidak hanya mencari hiburan tapi juga bisa mendapatkan edukasi.

“Dengan konsep ini, pengunjung tidak hanya sekadar refreshing tapi ada ilmu baru yang bisa diperoleh,” pungkasnya. (haq/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image