Rektor UMM Buka Seminar Pra Muktamar Muhammadiyah 2020

Author : Humas | Sabtu, 08 Februari 2020 11:34 WIB
Dr. Fauzan, M.Pd. (Foto: Rino/Humas)

JELANG penyelenggaraan Muktamar ke-48 Muhammadiyah 1-5 Juli 2020 di Surakarta, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Seminar Pra-Muktamar Muhammadiyah 2020, Sabtu (8/2) pagi. Gelaran sehari ini mengusung tema, “Islam Berkemajuan: Manhaj, Implementasi dan Internasionalisasi”.  

Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd. secara khusus berpesan agar penyelenggaraan seminar pra-muktamar ini dijadikan sebagai momentum kontemplasi serta menyegarkan gerakan Muhammadiyah di usianya yang ke-108 tahun. Hal ini senada dengan semangat Muhammadiyah, yakni gerakan tajdid atau pembaharuan.

“Merefresh perjalanan Muhammadiyah ini menjadi penting, karena bagaimanapun, Muhammadiyah sudah besar. Maka konsekuensi logis dari itu harus diikuti minset cara berpikir yang besar. Jangan malah terjadi gerakan peyorasi (pelemahan) berjamaah,” ungkapnya dalam sambutan di Aula GKB IV Kampus III UMM.

Baca juga: Kisah Galang, Mahasiswa UMM yang Rela Kurangi Jam Tidur Demi Raih Mimpi

Oleh karena itu, momen yang baik ini patut kiranya dijadikan momentum merekonstruksi kembali cara beramal, cara mengawal, dan cara bermuhammadiyah kita. “Apalagi yang hadir dalam kesempatan ini ada kaum milenial, Turut andilnya saudara menjadi harapan besar bagi Muhammadiyah,” sambung Fauzan.  

Apakah sama, Muhammadiyah pada tahun-tahun sebelumnya dengan tahun-tahun sekarang dan yang akan datang. Sedangkan, dinamika kehidupan sosial, ekonomi, berpolitik, serta kehidupan keberagamaan kita selalu dinamis. “Tentu pertanyaan itu tidak bisa dijawab dengan mindset yang biasa-biasa saja,” kata Fauzan.

Baca juga: Baru Setahun Berdiri, Rumah Sakit Binaan UMM Ini Siap Naik Kelas

Fauzan lantas menyatakan, tema yang dipilih dalam seminar ini sangat menarik. “Tema ini barangkali suatu impian. Tetapi kita juga harus sadar betul bahwa saat ini, pendekatan inklusif dalam menggerakan Muhammadiyah adalah kunci untuk mencapai cita-cita itu,” ucapnya di hadapan ratusan peserta seminar.

Seminar ini menghadirkan sejumlah pembicara, yakni Prof. Dr. Syafiq A. Mughni, M.A., Prof. Dr. H. M. Amin Abdullah, Dr. Hamim Ilyas, M.A., Prof. Dr. Masdar Hilmy, S.Ag., Dr. Siti Ruhaini Dzhuhayatin, M.A., serta Dr. Pradana Boy Z. T. F., S.Ag., M.A. Hasil seminar akan dirumuskan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image