Raih Juara Nasional Berkat Hobi Masa Kecil

Author : Humas | Selasa, 29 Desember 2020 09:25 WIB
Zulfa menangi kompetisi lomba puisi berbahasa arab (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengharumkan nama kampus di tingkat nasional. Kali ini kabar baik datang dari Zulfa Lailatus Syarifah mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) yang berhasil memperoleh juara satu dalam lomba MARZABI 2020, dengan kategori lomba membaca puisi arab. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Universitas Al-Azhar Indonesia dengan final lomba diselenggarakan pada Minggu (20/12) lalu.

Zulfa sapaan akrabnya, mengatakan bahwa ia memang suka membaca puisi sejak belia. Namun biasanya Zulfa hanya membaca puisi di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang diikutinya. Perlombaan MARZABI ini merupakan lomba puisi tingkat nasional pertama yang ia ikuti. Dari tiga pilihan puisi yang disediakan oleh panitia, ia memilih karya Mahmoud Darwish yang berjudul Seindah-Indahnya Cinta. 

Baca juga: Tim Jamet Harumkan Nama UMM di AWF 2020

Anak bungsu dari dua bersaudara ini juga mengatakan bahwa persiapan lomba memakan waktu yang cukup singkat yaitu satu minggu. Dalam satu minggu tersebut Zulfa harus memahami dan mengartikan puisi, membangun ekspresi, mengambil video lalu mengeditnya, setelah itu mengumpulkan video ke panitia.

“Proses pemahaman puisi dan membangun ekspresi memakan waktu paling lama. Bahkan saya mengambil videonya hanya sekian jam dari deadline pengumpulan. Jelas saya kewalahan sekali akrena berbarengan dengan kegiatan UKM lainnya. Ukuran file videonya juga besar sehingga proses rendering video berjalan lama. Untungnya video dapat saya kumpulkan dua puluh menit sebelum proses pengumpulan ditutup” lanjut mahasiswa kelahiran Bondowoso ini.

Baca juga: Nabila Bagikan Tips Raih Nilai Tinggi di Ujian Kompetensi Dokter

Dengan persiapan yang singkat tersebut, Zulfa sama sekali tidak menyangka bahwa dirinya dapat meraih juara satu. “Saya sangat bersyukur karena dapat mengharumkan nama prodi dan kampus melalui perlombaan ini. Saya juga harap kedepannya bisa memenangkan kompetisi lainnnya baik d tingkat regional, nasinal maupun internasional,” ujar Zulfa di akhir sesi wawancara. (syi/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image