Prodi Ilmu Pemerintahan UMM Peringkat Pertama Kinerja Publikasi SINTA

Author : Humas | Kamis, 14 April 2022 07:10 WIB
Prodi Ilmu Pemerintahan berhasil meraih peringkat pertama terkait kinerja publikasi. (Foto: istimewa)

Kabar gembira dan membanggakan datang dari program studi (prodi) Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Malang. Mengawali bulan suci, prodi IP berhasil meraih peringkat pertama terkait kinerja publikasi untuk kategori strata satu bidang ilmu pemerintahan tahun 2022. Hasil itu didapat berdasarkan pemeirngkatan Science and Technology Index (SINTA) yang memberikan nilai tertinggi yakni Score Overall: 3.542 dan SINTA Score 3Yr: 2.441. Angka tersebut mengungguli semua prodi IP yang ada di Indonesia.

Adapun SINTA merupakan laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek. Laman ini merekam jumlah publikasi masing-masing institusi. Sedangkan Score Sinta prodi merupakan hasil dari akumulasi publikasi dan sitasi dosen dan mahasiswa yg terdata pada Scopus, Garuda, Google Scholar, dan WoS.

Ketua Prodi IP Muhammad Kamil S.IP., M.A. merasa bersyukur atas raihan tersebut. Ia mengapresiasi kerja keras, kerja ikhlas serta kolaboratif antara dosen dan mahasiswa. Ia juga menilai bahwa hasil ini merupakan buah dari dorongan dan motivasi prodi IP UMM agar para sivitas akademika memiliki artikel ilmiah yang terpublikasi dan dapat dibaca oleh publik.

“Hal serupa juga ditularkan para dosen kepada para mahasiswa melalui artikel luaran mata kuliah yang diarahkan untuk publikasi ilmiah. Utamanya jurnal dan prosiding nasional maupun Internasional. Adanya kolaborasi dosen dan mahasiswa ini membuat karya artikel ilmiah menjadi lebih terarah dan memiliki kualitas yang baik karena ada pendampingan dari dosen yang disesuaikan dengan core Ilmu Pemerintahan,” tambah Kamil.

Dalam meningkatkan minat dan motivasi menulis karya ilmiah, pihaknya juga memberikan reward berupa konversi ke mata kuliah serta skripsi. Terhitung, ada lebih dari 40 artikel jurnal mahasiswa yang sudah dikonversi menjadi skripsi. Jurnal-jurnal terkait tersebar di jurnal nasional terakreditasi SINTA 2 dan 3, prosiding terindeks scopus, jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMM Prof. Dr. Muslimin Machmud, M.Si mengapresiasi prestasi yang telah dicapai. Ia mendorong prodi-prodi lain untuk mengikuti jejak baik Prodi IP UMM, utamanya dalam hal kinerja publikasi ilmiah. “Selamat atas raihan membanggakan yang sudah dicapai. Jangan mudah puas dan terus mengembangkan serta meningkatkan kualitas layanan pendidikan, publikasi ilmiah dan memberikan inovasi-inovasi bermanfaat lainnya,” tegas Muslimin. (Wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image