Mahasiswa Baru UMM Sukses Juara LKTII Nasional

Author : Humas | Jum'at, 26 November 2021 04:35 WIB
Ilustrasi foto mahasiswa UMM

Tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Kali ini kabar bahagia datang dari tiga mahasiswa baru Fakultas Kedokteran (FK) yang berhasil menyabet juara tiga dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Islam (LKTII) Nasional. Kompetisi ini diadakan secara daring oleh Universitas Airlangga (Unair) pada Sabtu (20/11) lalu.

Salah satu anggota tim, Yasmin Zakiyyatuzzahra, mengatakan bahwa tulisan ilmiah yang diikutsertakan oleh timnya membahas terkait gagasan baru vaksinasi keliling. Selain untuk mengurangi kerumunan orang ketika antre vaksin, cara ini dirasa ampuh untuk menambah silaturahmi antara tenaga kesehatan dan juga masyarakat.

“Kami mengerjakan tulisan ini dalam waktu yang lumayan singkat, kurang dari dua minggu. Untuk bagian abstrak kami dapat menyelesaikannya dalam waktu tiga hari. Sementara untuk bagian isi butuh waktu sekitar satu minggu,” ungkap mahasiswa asal Malang  tersebut.

Baca juga : Agribisnis UMM Dorong Petani Milenial Manfaatkan Potensi Pertanian Indonesia

Meskipun dapat menyelesaikan tulisan ilmiah secara cepat, Yasmin, sapaan akrabnya mengaku kesulitan dalam proses pengerjaannya. Sebagai mahasiswa baru yang masih beradaptasi dengan dunia perkuliahan, membagi waktu lomba dan kuliah dirasa cukup sulit. Selain itu, kompetisi ini juga pengalaman pertamanya mengikuti lomba karya tulis ilmiah.

“Awalnya saya iseng mengikuti kompetisi ini karena waktu luang yang banyak sebelum dimulainya masa perkuliahan. Saya sama sekali tidak menyangka kalau abstrak yang tim kami kirimkan akan lolos. Kami sempat berpikir untu berhenti saja karena jadwal perkuliahan yang smeakin padat. Namun pada akhirnya saya dan teman-teman tetap melanjutkan karena tidak mau mengerjakan sesuatu dengan setengah-setengah,” ujar Yasmin.

Baca juga : Mengenang Sang Guru Bangsa, UMM Launching 3 Buku tentang Malik Fadjar

Selain Yasmin, tim ini juga dianggotai oleh Amelia Putri Nasution dan Kanina Alma Dystanti. Yasmin bersyukur timnya dapat memperoleh juara tiga meskipun ini baru pertama kalinya mengikuti lomba karya tulis ilmiah. Jika nantinya diberi kesempatan, Yasmin dan teman satu timnya ingin merealisasikan gagasan vaksinasi keliling ini ke masyarakat luas sehingga semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

“Alhamdulillah, kerja keras tim kami terbayar dengan baik. Saya berterimakasih kepada para anggota tim karena tidak menyerah untuk terus mengikuti perlombaan ini. Raihan juara ini membuat kami semakin terpacu untuk mengikuti berbagai perlombaan di masa yang akan datang. Tentu kemenangan ini kami harap bisa menginspirasi teman-teman lain untuk berprestasi,” tuturnya di akhir wawancara. (wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image