Lagi, Dosen UMM Ikuti Erasmus Staff Week di Eropa

Author : Humas | Selasa, 09 Agustus 2022 08:17 WIB
Joko Susilo berfoto di depan kampus Politechnika Warszawska (Foto : Istimewa)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali memberangkatkan dosennya terbang ke Polandia melalui program Erasmus Staff Week. Kali ini, dosen Ilmu Komunikasi UMM Dr. Joko Susilo M.Si. melakukan kunjungan untuk mempererat kerja sama dengan Wroclaw University of Science and Technology (Politechnika Worclawska) dan Politechnika Warszawska. Kegiatan tersebut berlangsung pada akhir bulan Juli lalu.

Joko, sapaan akrabnya mengatakan kegiatan yang dikoordinir oleh International Relations Office (IRO) UMM itu berlangsung selama sepuluh hari. Kegiatan itu bertujuan untuk mengimplementasikan kerjasama terkait Program Erasmus+. Selain itu juga saling memberikan wawasan baru melalui pengenalan dan sharing pengalaman antar kampus.

Baca Juga : Puluhan Mahasiswa UMM Bantu Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang Atasi PMK

“Kerja sama International Relations Office (IRO) UMM dan pihak Erasmus  sudah berlangsung lama. Sedangkan kegiatan menjadi upaya memperluas kerjasama dan kolaborasi internasional lain di benua eropa,” jelas Joko.

Dosen yang juga Sekretariat Rektorat UMM itu menilai, secara bentuk, Sebagian besar perguruan tinggi di Polandia memiliki fokus pada satu dispilin. Contohnya seperti Politeknik khusus Engineering, Universitas Medicine dan Universitas Economic. Sedangkan untuk proses pendidikannya, dibuat dalam bentuk semi modul. Pada mata kuliah tertentu bisa diambil secara lintas prodi. Seperti Filsafat, bisa diikuti 200-an mahasiswa dari berbagai prodi.

Baca Juga : Perluas Jaringan Internasional, UMM-University of Adelaide Siap Realisasikan Kerjasama

“Sebelum saya, ada beberapa dosen yang juga berangkat di kota dan universitas yang berbeda. Dengan tujuan yang hampir sama yakni membicarakan mengenai kolabarosi atau kerja sama antar Universitas,” ungkapnya.

Selain membahas mengenai kerja sama dan juga kampus, Joko juga banyak mengenal mengenai budaya yang ada di Polandia. Begitupun sebaliknya, ia juga mempresentasikan mengenai budaya Indonesia di sana. Baginya, kunjungannya ke dua universitas di Polandia memberikan pengalaman yang berharga. 

“Esensinya kemarin lebih kepada menambah pengalaman dan juga wawasan. Sehingga, semakin memperkaya khazanah pemahaman tentang banyak hal. Utamanya terkait kondisi sosial dan budaya agar dapat semakin meningkatkan kualitas diri yang juga bisa berpengaruh pula pada institusi,” terang dosen asal Sukoharjo, Jawa Tengah itu. (zak/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image