Gaet Perusahaan Ternama, UMM Resmikan Lab CoE PLTS

Author : Humas | Selasa, 20 Desember 2022 10:38 WIB
UMM resmikan laboratorium PLTS dengan kapasitas 5,82 kWp (Foto: Istimewa)

Dalam upaya meningkatkan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meresmikan laboratorium PLTS dengan kapasitas 5,82 kWp. Peresmian yang dilaksanakan pada akhir November lalu ini juga dihadiri oleh tim dari perusahaan manufacture inverter asal Taiwan Goodwe Technologies Co Ltd. dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang memberikan dana corporate social responsibility.

Adapun laboratorium tersebut dibangun dalam waktu kurang dari tiga minggu dibantu oleh PT. Adidaya Renewable Energy dan PT. Jayatama Adi Sentosa sebagai kontraktor utama. Menariknya, tidak hanya peresmian, Fakultas Teknik juga melangsungkan seminar yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan ratusan siswa Smk di wilayah Malang.

Richard Merchury selaku Country Sales Manager Goodwe Indonesia menjelaskan bahwa pembangunan laboratorium ini sangat bagus. Apalagi melihat ekosistem PLTS di Indonesia masih tergolong baru. Sehingga akan banyak kesempatan luas, baik dari sisi bisnis maupun lapangan kerja.

“Kesempatan akan datang kepada orang yang sudah mempersiapkan diri. Dan Kampus Putih UMM sudah menyiapkan PLTS dengan sangat baik,” tegasnya.

Baca juga : Driver Ojek Online Asal NTT, Semangat Kuliah di UMM Demi Cita-Cita jadi Negarawan

Adanya laboratorium PLTS juga dinilai strategis untuk membangun kompetensi mahasiswa teknik elektro. Utamanya di bidang perancanan, pemasangan dan operasional. Pun dengan upaya perawatan terkait PLTS yang tentu dibutuhkan. Sememtara di sisi bisnis, energi surya dinilai cukup menjanjikan meski masyarakat awam masih belum banyak mengerti. Ditamlah lagi dengan ketidaktahuan tentang regulasi pemerintah mengenai penggunaan PLTS.

Pada kesempatan yang sama, Alwan Zanuar selaku engineer dari PT. Adidaya Renewable Energy mengatakan bahwa laboratorium ini mampu mendorong mahasiswa untuk lebih tahu bagaimana memasang dan mendesain sebuah PLTS. Sehingga, lahan eksplorasi mahasiswa bisa meningkat.

Bahkan menurutnya, laboratorium ini dapat dikembangkan dan diintegrasikan dengan pembangkit yang lain. Apalagi melihat potensi renewable energi dan green energy semakin maju dan masif.

Baca juga : Pakar Hukum di UMM Bongkar Kelemahan Sistem Pertanahan Indonesia VS Malaysia

“Semoga mahasiswa bisa mempelajari banyak hal terkait PLTS di laboratorium ini. Pun agar bisa memberi pemahaman lebih kepada masyarakat awam bahwa PLTS bisa menjadi alternatif yang baik. Bukan hanya bagi mereka, tapi juga bagi lingkungan,” katanya.

Sementara itu, penanggungjawab Center of Excellence (CoE) PLTS Basri Noor Cahyadi, M.Sc. mengungkapkan bahwa laboratorium ini memiliki sederet tujuan khusus. Salah satunya bertujuan untuk menunjang praktikum mahasiswa CoE PLTS. Bahkan juga dijadikan sebagai uji kompetensi skala P3 baik itu mahasiswa maupun orang luar yang ingin mendapatkan sertifikasi profesi.

“Laboratorium ini juga menjadi ousat energu abru terbarukan, khususnya dalam penguatan CoE PLTS. Kami berharap akan muncul berbagai inovasi baru seperti penelitian-penelitian di bdiang solar cgarge controler hingga battery management,” tegasnya mengakhiri. (*/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image