Drill Square Hole untuk Efisiensi Instalasi Listrik

Author : Humas | Rabu, 25 November 2020 15:10 WIB
Ilham Akbar R. Supu menunjukan rancangan desain Drill Square Hole (Foto : Istimewa)

Melihat masih banyak pekerja bangunan mengalami kesulitan saat proses pemasangan instalasi listrik, membuat Ilham Akbar R. Supu, mahasiswa Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), mencoba untuk mendesain alat yang dapat mempermudah proses tersebut.

“Awalnya itu baca-baca kajian pustaka tentang instalasi listrik untuk mata kuliah Proyek Desain Tim, ternyata pekerjaan ini membutuhkan waktu yang cukup panjang,” jelas Ilham.

Mahasiswa yang kini sedang menempuh skripsi ini mencoba untuk mengembangkan alat yang sudah ada sebelumnya dan menyesuaikan dengan model instalasi listrik yang ada di Indonesia.

“Alat ini sebenarnya sudah ada di negara lain, tapi ya tidak bisa serta-merta diaplikasikan di Indonesia. Jadi, saya merancang ulang menyesuaikan yang akan di sini,” papar mahasiswa asal Makassar ini.

Drill Square Hole didesain untuk mempersingkat waktu pemasangan instalasi listrik bagi pekerja bangunan pada proyek bangunan besar. Menurutnya, proses pemasangan instalasi listrik paling panjang terletak pada proses pelubangan tembok maupun gipsun.

Baca juga : Tim UMM Sabet Dua Gelar Juara di Kontes Robot Indonesia

“Jadi, pekerja bangunan itu apalagi untuk pekerja bangunan di proyek seperti hotel atau perkantoran paling lama ya di proses pelubangan dindingnya,” jelasnya.

Desain Drill Square Hole rancangan Ilham (Foto : Istimewa)

Tambahnya, alat ini dirancang untuk menghindari resiko kecelakaan kerja yang sering dialami oleh pekerja bangunan saat proses instalasi listrik seperti masuknya serpihan material pada mata saat proses pelubangan dinding.

“Waktu proses instalasi listrik itu pekerja bangunan masih sering mengalami kecelakaan kerja, salah satunya masuknya serpihan material pada mata,” tandasnya.

Alat yang berhasil masuk lima besar karya terbaik pada ajang Kompetisi Mahasiswa Muhammadiyah Nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Sains dan Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (AST-PTM) ini juga mempunyai manfaat lain, yakni hasil pelubangan untuk pemasangan saklar lebih rapi dibandingkan menggunakan model tradisional.

Baca juga : RBC Institute Gelar Diskusi Menyoal Populisme Islam

“Karena saya berfokus untuk mempersingkat waktu kerja dengan hasil yang maksimal, maka alat ini saya desain dengan model yang mudah dioperasikan,” tegasnya.

Alat ini dilengkapi dengan paku center yang berfungsi sebagai titik pusat awal pelubangan agar tidak terjadi pergeseran pada saat pelubangan dinding.

”Drill Square Hole dilengkapi dengan paku center yang membuat proses pelubangan lebih cepat dengan hasil yang sempurna,” lengkapnya. (nis/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Muhammadiyah