Tim UMM Sabet Dua Gelar Juara di Kontes Robot Indonesia

Author : Humas | Selasa, 24 November 2020 10:58 WIB
Anggota Tim Dome UMM pada Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2020. (Foto : Istimewa)

Gelaran Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2020 telah usai dilaksanakan dari tanggal 16 November hingga 23 November oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud dengan Tuan Rumah Institut Teknologi Bandung secara daring. Pada Event tersebut Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan dua tim sebagai wakil, yaitu Tim Dome pada kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) dan Tim Zhafarul sebagai tim perwakilan pada kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI Beroda).

Tim Dome beranggotakan dua mahasiswa Rafif Kusuma Adi dan Aroo’ Isa serta dengan dosen pembimbing Khusnul Hidayat, S.T., M.T. berhasil menyabet dua gelar penghargaan sekaligus yaitu sebagai juara harapan dan tim dengan strategi terbaik pada kategori KRPAI.

“Pada kategori tersebut terdapat 3 level pertandingan, dimana pada level 1, robot diharuskan mampu menelusuri seluruh ruangan pada labirin arena perlombaan dengan waktu maksimal 5 menit. Selanjutnya pada level 2 terdapat penambahan halangan berupa tumpukan anak tangga pada arena. Pada dua level awal tersebut robot juga harus dapat menyemprotkan desinfektan pada ruangan ruangan yang telah ditentukan oleh panitia. Pada level tantangan tertinggi selain halangan anak tangga robot juga diharuskan memadamkan api lilin yang terletak pada 3 ruangan yang berbeda,” tutur Rafif.

Baca juga : RBC Institute Gelar Diskusi Menyoal Populisme Islam

Awal sesi Tim Dome terdapat kendala pada jaringan panitia yang mengakibatkan dome menempati urutan posisi 14. Akan tetapi dengan konsistensi, kecepatan, dan strategi yang baik, Tim Dome berhasil mengejar tim-tim lain. Sehingga pada sesi ketiga Tim Dome bisa menempati posisi ke 4 dan berhasil mendapatkan penghargaan tim strategi terbaik.

Sementara, Tim Zhafarul  beranggotakan empat mahasiswa yaitu Dwi Nur Fajar, Mukhsin Fadhil, Muhammad Indra Pratama dan Aldi Hermansyah.  “Pada kategori KRSBI Beroda setiap tim diharuskan mencetak goal sebanyak-banyaknya dengan halangan berupa dummy robot dengan waktu perlombaan 3 menit, dengan 3 sesi pertandingan kami berhasil mencetak 19 goal yang menempatkan kami pada urutan 11 pada kategori tersebut,” ujar Aldi Hermansyah sebagai ketua tim.

Baca juga : Rancang Alat Siram Otomatis untuk Petani Jamur Tiram

Raihan prestasi tersebut melengkapi prestasi tim robot dome UMM, dimana pada gelaran sebelumnya tim robot dome telah banyak menorehkan prestasi yaitu, Juara dua KRPAI tingkat nasional 2017, Juara satu KRPAI tingkat nasional tahun 2016, 2018, dan 2019. Tak hanya even nasional, Tim Dome juga telah meraih prestasi di tingkat internasional yaitu Gold and Silver Medal pada event Trinity College International Fire Fighting Robot Contest 2017, serta Gold dan Silver Medal pada event serupa pada tahun 2019 di Hartford, Amerika Serikat. (*/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Muhammadiyah