Program Studi Psikologi didirikan pada 1985 sebagai salah satu program / jurusan studi ini di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Setahun kemudian program studi ini menjadi Fakultas tersendiri dan memperoleh status TERDAFTAR dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 0502/0/1986 tertanggal 28 Juli 1986. Tanggal SK ini ditetapkan sebagai berdirinya Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.
 
Pada tahun 1993 Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang memperoleh status DIAKUI dengan SK Dirjen Dikti No. 177/Dikti/Kop/1993, tanggal 26 April 1993. Dua tahun berikutnya berstatus DISAMAKAN, yaitu pada tanggal 5 Juni 1995 dengan SK Dirjen Dikti No. 149/Dikti/Kop/1995. Dengan status Fakultas Psikologi yang DISAMAKAN ini maka Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang dapat menyelenggarakan Ujian Negara sendiri/mandiri.
Berdasarkan ketentuan kurikulum nasional, maka sejak 1993 Fakultas Psikologi tidak lagi memiliki jurusan-jurusan dan hanya menyelenggarakan satu program studi, yaitu program studi Psikologi. Sesuai dengan visi misinya, kurikulum Fakultas Psikologi UMM menekankan pada kompetensi dalam hal melakukan asesmen dan intervensi psikologi baik perorangan, kelompok maupun komunitas. Oleh karena itu lulusan Fakultas Psikologi diharapkan akan memiliki ketrampilan melakukan jasa psikologi, mulai dari melakukan pemeriksaan psikologis hingga penanganannya, yang semua itu sangat dibutuhkan ketika lulus dan bekerja di lingkungan masyarakat.
   
Sejalan dengan Sistem Pendidikan Tinggi, Fakultas Psikologi UMM secara  Nasional diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang memperoleh predikat “Terakreditasi A”  pada Pebruari 2006, dan kembali mendapatkan akreditasi A pada tahun 2011 yang berlaku hingga 2016. Dengan demikian Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang diakui kualitas dan kemandiriannya dalam melaksanakan seluruh kegiatan akademiknya.
 
Shared: