Magister Ilmu Agama Islam bertujuan melahirkan Magister (S-2) yang mampu menguasai ilmu-ilmu dasar Studi Islam, mempunyai kemampuan metodologis dalam mengembangkan studi-studi ke-Islaman, serta mampu memahami dan menganalisa fenomena sosial-keagamaan yang berkembang dalam masyarakat. Lulusan Program Studi Agama Islam menyandang gelar kesarjanaan Magister Agama (M.Ag). Program ini menawarkan 2 pilihan konsentrasi, yaitu Pendidikan Islam dan Hukum Islam.
 
Penyelenggaraan program pendidikan pascasarjana Program Studi Ilmu Agama Islam, didasarkan pada suatu pandangan pendidikan yang berwawasan masa depan, yakni pendidikan yang dalam pelaksanaannya selalu mempertimbangkan perkembangan yang akan terjadi di masa depan, terutama yang berkaitan dengan perkembangan pemikiran keilmuan Islam dan dinamika masyarakat. Atas dasar pemikiran ini, visi Program Studi Magister Ilmu Agama Islam adalah menjadi lembaga pendidikan Magister Ilmu Agama Islam yang unggul di tingkat nasional dan regional Asia Tenggara tahun 2015.Program Magister Ilmu Agama Islam berdiri sejak tahun 1996 dan lulusannya telah menyebar di seluruh Indonesia dan dunia. 
 
Pusat keunggulan yang mampu mengembangkan etos dan tradisi keilmuan berdasarkan cita-cita spiritual dan kemanusiaan dalam paradigma keilmuan Islam serta perkembangan ilmu pengetahuan pada saat ini dan di masa yang akan datang. Dengan ini diharapkan, produk yang dihasilkan dari program ini adalah seorang magister, disamping mampu menguasai dan mengembangkan tradisi keilmuan dalam Islam, juga memiliki wawasan yang terbuka yang melampaui batas-batas keilmuan, bahkan juga ideologi dan agama.
 
Website: mag.umm.ac.id
Shared: