Jurusan ini memiliki visi menjadi Jurusan yang unggul dan profesional serta berdaya saing dalam pengembangan ilmu dan profesi pekerjaan sosial dengan berlandaskan keimanan, ketaqwaan dan nilai-nilai ke-islaman. Kompetensi utama jurusan ini adalah 1) Mampu melakukan penelitian sosial yang berimplikasi terapan. 2) Mampu mengaplikasikan metode intervensi sosial di tingkat mikro, seperti menangani kasus di tingkat individu, keluarga dan kelompok. 3) Mampu mengaplikasikan metode intervensi sosial di tingkat mezzo, seperti melakukan assessment, merencanakan, melaksanakan, mengelola dan mengevaluasi program di tingkat organisasi dan komunitas lokal dan 4) Mampu mengaplikasikan metode intervensi sosial di tingkat makro, seperti melakukan perencanaan dan menganalisis kebijakan di tingkat daerah dan nasional.

 

Dalam rangka meningkatkan akademik Ilmu Kesejahteraan Sosial tersedia fasilitas Laboratorium, yang representatif dengan berbagai kegiatan akademik seperti: kajian/analisis masalah sosial, pelatihan, Case Conference dan praktikum mahasiswa, tersedia sarana perpustakaan yang sangat representatif dan hot spot area dan perkuliahan di kelas multi media.

 

Penghargaan berupa beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi, seperti beasiswa BBM (Beasiswa Belajar Mahasiswa), PPA (Peningkatan Potensi Akademik), Beasiswa dari perusahaan, Supersemar, dan Beasiswa PA (Panti Asuhan).

Prospek kerja lulusan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial antara lain, akademisi (Guru, Dosen), PNS, Lembaga Penyelenggara Usaha Kesejahteraan Sosial, Rumah Sakit Umum (RSU), RSJ, Lembaga Permasyarakatan, LSM. Pemerhati masalah sosial, advokasi sosial. Sejak 3 tahun terakhir tepatnya tahun 2009 lulusan Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP-UMM telah direkrut oleh Kementrian Sosial RI sebagai tenaga Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos).

Website: kesos.umm.ac.id

Shared: