Informasi Umum

Inovatif, UMM Siap Bekali Mahasiswa FAI Sertifikasi Penerjemah TKI. Klik beritanya disini 

 

Fakultas Agama Islam (FAI) adalah salah satu fakultas yang berdiri di masa awal perintisan Universitas Muhammadiyah Malang  (UMM). Ketika Universitas ini berdiri sebagai cabang Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tahun 1964, salah satu jurusan yang pertama berdiri adalah Jurusan Pendidikan dan Pengajaran Agama Islam. Fakultas Pendidikan dan Pengajaran (FPP) yang berikutnya menjadi jurusan Pendidikan Agama Islam seiring dengan lahirnya Fakultas Tarbiyah yang saat ini telah berubah menjadi Fakultas Agama Islam.

FAI memiliki tiga kompetensi utama, yakni ahli agama (tafaqquh fi al-din), penggerak/pemimpin di masyarakat (rijal al-da'wah), dan profesional di bidang pendidikan Islam (bagi Jurusan Tarbiyah) dan Hukum Islam (bagi Jurusan Syari'ah). 

Ada 4 jurusan dan satu Twinning Program di FAI, yakni Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Akreditasi A, Pendidikan Bahasa Arab (Akreditasi B), Ahwal Al-Syahkshiyah (Syari’ah) Akreditasi A, Ekonomi Syariah (Akreditasi C) dan Twinning Program: Ahwal Al-Syahkshiyah (Syari’ah) dan Ilmu Hukum (SHI dan SH) (Akreditasi A) . Program-program unggulan yang dikembangkan FAI antara lain,  Bahasa Arab (sertifikat setara D1), Bahasa Inggris (sertifikat setara D1), komunikasi dakwah (keterampilan ceramah), khotbah dan MC, komputer studi islam (bersertifikat) dan ketrampilan internet (bersertifikat).

Shared:
×