Wisudawan UMM Dapat Undangan Studi Lanjut dari Dubes Spanyol

Author : Humas | Selasa, 30 Mei 2023 06:54 WIB
Mr. Fransisco De Asis Aguilera Aranda mengisi sambutan dalam wisuda periode II di UMM. (Foto : Yafi Humas)

Menyelesaikan studi di Universitas bukanlah sebuah akhir, namun sebuah awal untuk kehidupan yang baru. Hal itu ditegaskan Duta Besar Spanyol untuk Indonesia, HE. Mr. Fransisco De Asis Aguilera Aranda dalam sambutannya di wisuda ke-108 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dalam agenda yang dilaksanakan pada 30 Mei 2023 itu, ia juga mengajak para wisudawan untuk bisa melanjutkan studi di negeri matador.

Menurutnya, anak muda tidak perlu takut untuk menghadapi masa depan. Kepercayaan diri jadi kunci agar semua rintangan bisa diatasi. Itu juga yang akan dihadapi para lulusan setelah prosesi wisuda. Mereka harus bisa menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Baca juga : Direktur Perusahaan Jepang Kirim Ratusan Alumni UMM Kerja di Jepang

“Jika memang ingin menimba ilmu kembali dan ingin mendapat pengalaman profesional, sebagai duta besar, saya menyarankan anda untuk datang ke Spanyol. Spanyol merupakan negara yang kaya akan budaya. Bahkan terkenal dengan pemain sepak bolanya. Spanyol juga merupakan negara yang nyaman untuk tinggal dan bagus untuk dikunjungi. Selain itu masyarakatnya juga memiliki toleransi dengan berbagai keberagaman yang ada ,” ungkapnya.

Fransisco juga senang dengan kedatangannya ke Kampus Putih. Menurutnya, UMM memiliki potensi besar untuk melebarkan sayap kerjasamanya ke Spanyol. Apalagi dengan berbagai inovasi, ide, dan program yang dilaksanakan. Ia bahkan juga sudah banyak berdiskusi dengan jajaran rektorat UMM untuk menindaklanjuti kemungkinan kolaborasi di masa depan.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP. menjelaskan bahwa para wisudawan saat ini akan menjadi generasi emas tahun 2045. Yakni saat usia bangsa Indonesia menginjak 100 tahun. 

Baca juga : Jadi Ojol hingga Buka Bisnis Udang, Ini Kisah Inspiratif Wisudawan Berprestasi UMM

“Siapkanlah diri dengan sebaik-baiknya. Jangan berhenti dalam belajar dan terus mengasah kemampuan yang dimiliki. Ingat bahwa ada jutaan wisudawan dari perguruan tinggi lain yang punya tujuan yang sama dengan kalian. Gunakan berbagai ilmu dan pengalaman yang anda dapat di UMM untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah bangsa,” jelas Muhadjir.

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan bahwa memilih UMM sebagai tempat menimba ilmu adalah pilihan tepat. Mahasiswa dan wisudawan pasti memiliki bekal cukup. Apalagi dengan hadirnya Center of Excellence (CoE) sejak beberapa tahun belakang. Program tersebut mendorong mahasiswa untuk memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri di era sekarang. 

“Siapa tahu keahlian penting dari program yang sediakan oleh UMM bisa menjadi sebuah lapangan kerja baru. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk membantu masyarakat sekitar dan cara memajukan Indonesia. Manfaatkanlah peluang dengan baik dan jangan lupa bekerja keras,” pesan Muhadjir.

Sejalan dengan yang disampaikan Muhadjir, Rektor UMM, Prof. Dr. Fauzan M.Pd. menyampaikan, indonesia akan menghadapi tantangan bonus demografi. Oleh karena itu, sejak tahun 2019 UMM meluncurkan program yang disebut dengan Center of Excellence (CoE).  Dimana program tersebut merupakan upaya UMM untuk berkontribusi dalam kemajuan bangsa Indonesia.

"Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 54 CoE yang bisa diikuti oleh mahasiswa UMM. Bahkan program tersebut juga dapat diikuti oleh para alumni dan anak muda dari perguruan tinggi lain. Mereka yang ikut CoE juga diperbolehkan dari jurusan yang berbeda. Hal tersebut karena UMM memiliki tekad penuh dalam menyiapkan SDM unggul untuk memenuhi kebutuhan zaman, " terang Fauzan. (zak/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image