Viral Penyakit Pneumonia Mycoplasma, Ini Penjelasan Pakar UMM

Author : Humas | Senin, 18 Desember 2023 08:24 WIB
dr. Thahri Iskandar Sp.P (Foto : Istimewa).

Pada November 2023, dinas kesehatan DKI Jakarta melaporkan ada tiga anak yang terpapar pneumonia mycoplasma. Kejadian ini membuat masyarakat panik, mengingat kenangan buruk yang terjadi akibat Covid-19 beberapa tahun lalu. Melihat fenomena ini, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (UMM) dr. Thahri Iskandar Sp.P ikut angkat bicara.

Menurutnya, setelah kasus Covid-19 mereda, masyarakat mulai meninggalkan kebiasaan hidup sehat. Mereka seolah acuh dengan penggunaan masker dan tidak memperdulikan kebersihan diri seperti rajin cuci tangan dan menjaga jarak. Hal ini yang menjadi alasan utama bakteri tumbuh dilingkungan sekitar tempat tinggal. 

“Pneumonia itu penyakit yang  sudah lama ada bahkan sebelum Covid-19 dan bukan penyakit misterius. Penyebab hingga pengobatanya pun jelas, tidak seperti Covid-19,” ujar  dr.Thahri.

Baca juga: Penanggalan Jawa Masih Eksis, Dosen UMM Sebut sebagai Harmoni Budaya Indonesia yang Lestari

Pada dasarnya, pneumonia mycoplasma merupakan penyakit infeksi jaringan paru yang diakibatkan oleh mikroorganisme, bisa berupa virus, bakteri, jamur hingga parasit. Umumnya pneumonia ini menyerang anak. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh anak yang belum stabil dan berbeda dengan orang dewasa. Adapun beberapa gejalanya adalah demam, tenggorokan nyeri, sesak, batuk, nyeri otot, pusing, lemas, dan pada anak anak bisa disertai diare. 

“Perlu diingat bahwa pneumonia ini penyakit yang bersifat menular, oleh karena itu orang dewasa yang terpapar wajib menjaga jarak dengan anak dan menjaga lingkungan tetap bersih,” tandasnya.

Baca juga : Mahasiswa Vokasi UMM Borong Piala di Kompetisi Bank Nasional

Ia melanjutkan, salah satu upaya pencegahan penyakit ini adalah dengan menjaga lingkungan sekitar. Lingkungan yang kotor, akan membuat banyak bakteri tumbuh dan berkembang. Hingga pada akhinya menyerang daya tahan tubuh manusia, utamanya anak. Pola hidup sehat seperti tidur cukup, makan makanan bergizi,  berprotein dan rajin olahraga juga bisa sangat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang. 

“Masyarakat tidak perlu panik. Jika anak mulai merasakan gejala seperti di atas, cobalah bawa ke dokter dan jangan menduga-duga. Apalagi jika gejala berlangsung lebih dari satu munggu,” tegasnya mengakhiri. (rin/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image