UMM-SMAM 3 Bungah Ajak Siswa se-Kecamatan Ikuti Tiga Kelas Asyik

Author : Humas | Sabtu, 07 Oktober 2023 08:49 WIB
Sesi Belajar Mengajar UMM-SMAM 3 Bungah (Foto : Pras Humas)

Puluhan siswa sekolah menengah pertama (SMP) se-Kecamatan Bungah, Gresik terlihat riuh dan aktif mengikuti tiga kelas coaching clinic. Aktivitas itu merupakan garapan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama dengan SMA Muhammadiyah 3 Bungah Gresik. Ada tiga kelas yang disajikan pada 6 Oktober itu, yakni kelas menjadi jurnalis cilik, pengolahan teknologi kompos, dan fun akunistic.

Salah satu kelas yang menarik adalah kelas pengolahan teknologi Kompos yang diisi oleh dosen peternakan UMM Ir. Ali Mahmud, M.Pt. Ia mengajak anak-anak untuk memanfaatkan kotoran kambing dan menjadikannya produk bermanfaat. Mereka yang awalnya ogah-ogahan memegang kotoran, malah asyik dan penasaran dengan prosesnya.

Baca juga : Sukses Cetak SDM Andal Bidang Branding, SCDC UMM Mulai Tahun Kedua

Adapun beberapa langkah pembuatan pupuk tersebut yakni menghamparkan kotoran kambing setebal 20-30 cm. Kemudian ditaburkan dolomit, abu dan decomposer. Kemudian menyiramnya dengan biofarm yang sudah dicampur dengan air dan menutup timbunan dengan terpal. Setelah didiamkan selama satu minggu, baru bisa diaduk. Terakhir, tunggu hingga tiga minggu dan pupuk sudah bisa digunakan.

“Anak-anak awalnya jijik dan tidak mau memegang kotoran. Tapi mereka cukup penasaran dan akhrinya mau mencoba. Semoga kelas ini bisa menginspirasi mereka dan mungkin bisa dicoba bersama teman atau keluarga di rumah,” kata Ali.

Baca juga : Dosen Fisioterapi UMM Beri Tips Atasi Saraf Terjepit

Kelas menarik lain adalah jurnalis cilik yang diisi oleh Maharina Novia M. Ikom. Anak-anak SMP didorong menjadi pribadi yang kritis melalui latihan bertanya yang baik. Setelah itu juga diajari bagaimana menyampaikan sebuah info atau berita dengan maksimal. Baik secara tulisan maupun lisan layaknya reporter dalam sebuah program berita.

“Kami membawa dan menggunakan prompter serta greenscreen agar teman-teman SMP benar-benar tahu serta merasakan bagaimana menjadi reporter. Membacakan berita, menghadap kamera, dan langsung melihat potret dirinya dengan teknologi greenscreen. Semoga bisa memotivasi anak-anak untul terus meraih mimpinya,” tegasnya.

Di sisi lain, Kepala Sekolah SMAM 3 Bungah Mufrikha S.Pd., M.M. mengapresiasi program yang dilakukan UMM di sekolahnya. Apalagi ketiga kelasnya dibalut dengan asyik sehingga anak-anak tidak bosan dan ikut aktif. Siswa-siswi SMP yang datang juga beragam dari beberapa desa yang ada di kecamatan Bungah.

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi banyak orang. Kami tentu akan melaksanakan program-program asyik lainnya. Bukan hanya menyasar anak-anak SMP maupun SMA, tapi juga untuk masyarakat luas,” pungkasnya mengakhiri. (*wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image