UMM Kukuhkan Dua Guru Besar FISIP, Teliti Politisi Perempuan dan Pranata Sosial

Author : Humas | Jum'at, 05 Januari 2024 10:38 WIB
UMM berhasil kukuhkan dua guru besar dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. (Foto: Istimewa).

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengukuhkan guru besar baru pada 6 Januari ini. Kali ini dua guru besar tersebut berasal dari dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMM. Mereka adalah Prof. Dr. Wahyudi, M.Si. serta Prof. Dr. Vina Salviana Darvina Soedarwo, M.Si. yang masing-masing memiliki fokus penelitian tersendiri dalam bidang yang ditekuni. 

Misalnya saja Prof. Dr. Wahyudi, M.Si. yang dalam mengkaji kontribusi pranata sosial kelas menengah dalam proses produksi kesadaran profetik aktor gerakan sosial untuk kedaulatan rakyat. Dia melakukan studi kasus perjuangan masyarakat Samin melawan penjajah belanda, gerakan petani Kalibakar Malang Selatan, gerakan FKAUB Malang Raya, dan gerakan perhimpunan INTI Malang Raya.

Baca juga :  Berita Dosen UMM: Hati-Hati, Merusak Uang dengan Sengaja Bisa Masuk Penjara

Menurutnya, ketercapaian kemuliaan, keluhuran, kebajikan, kemakmuran, keadilan sosial, dan kedaulatan rakyat dalam kehidupan merupakan urusan kita bersama. Sekaligus juga menjadi tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, harus ada sinergisitas dharma antar semua pihak sebagai anak bangsa yang sama-sama bertempat tinggal di bumi pertiwi Indonesia.

Dia juga menjelaskan hasil kajian tentang kontribusi kelas menengah dalam produksi kesadaran profetik aktor gerakan sosial. Dapat dijelaskan bahwa kesadaran profetik itu terbangun melalui siklus dialektik antar lima komponen, yakni diri aktor, pranata sosial, penjajahan atau tekanan dari sistem dan struktur makro. Begitupun dengan rasa keterjajahan atau ketertekanan yang dirasakan rakyat serta petunjuk ilahi. 

Sementara itu, Prof. Dr. Vina Salviana Darvina Soedarwo, M.Si membahas terkait dengan model pendidikan politik partisipatif integratif plus bagi generasi emas yang merupakan formula untuk politisi perempuan dalam membangun kualitas keluarga Indonesia. Dia memaparkan, untuk menyiapkan politisi perempuan yang berkualitas, perlu diawali dengan pendidikan politik sejak awal sebagai anggota keluarga. Apalagi memang keluarga adalah tempat awal sosialisasi nilai sosial diberikan.

Baca juga :  Berita Beragam Beasiswa dan Jalur Masuk UMM, Ada Jalur Content Creator Juga

“Di dalam keluarga kita belajar jujur, sopan dan saling menghargai. Dapat juga ditambahkan pengetahuan dan pemahaman tentang demokrasi dan wawasan kebangsaan sehingga akan melengkapi pengetahuan yang diterima di sekolah” ungkapnya lebih rinci.

Menurutnya, mempersiapkan suatu generasi emas sangatlah penting untuk meningkatkan kesadaran dan sikap terbaik dalam membangun keluarga yang berkualitas. Upaya itu dapat dilakukan baik oleh laki-laki maupun perempuan. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan memberikan ruang kepada perempuan untuk berdaya secara ekonomi, sosial dan politik. Dengan begitu, harapan keluarga berkualitas tinggi akan memberikan kontribusi bagi tingginya poin Bangga seperti yang ditargetkan pemerintah

“Politisi perempuan akan memiliki kesadaran dan kemampuan yang memadai untuk mencapai  target Bangga yang tinggi menuju Indonesia emas. Inilah yang saya sebut sebagai model pendidikan politik partisipatif integratif plus,” tutup Vina. (faq/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image