UMM Juara Nasional Bikin Business Plan Platform Edukasi

Author : Humas | Rabu, 09 Agustus 2023 07:15 WIB
Tim Platform Sherpa Academy Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) (Foto : Istimewa)

Kabar prestasi kembali diraih Sherpa Academy yang diciptakan oleh mahasiswa UMM. Setelah berhasil lolos pendanaan  Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dari Kemendikbud-Ristek RI. Sherpa Academy berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi business plan tingkat Nasional.  Kompetisi yang bertajuk Expo Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa itu diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan pada tanggal akhir Juli 2023 lalu.

Samsul Huda yang akrab dipanggil Samsul mengatakan, keikutsertaannya dalam kompetisi ini bertujuan untuk menarik banyak perhatian dan meningkatkan brand awareness Sherpa Academy. Karena kompetisis ini bersifat individu, dirinya dipilih untuk menjadi perwakilan tim untuk mempresentasikan Sherpa Academy yang dituang dalam bentuk business plan.

"Alhamdulillah senang karena berhasil menorehkan prestasi untuk diri saya sendiri dan juga bagi tim serta untuk kampus putih UMM. Ini merupakan sebuah awal baru bagi saya untuk terus meningkatkan kualitas diri terutama dalam bidang bisnis dan entrepreneurship,” ungkap Samsul.

Baca Juga : UMM Kukuhkan Guru Besar Bidang Self Recovery

Lebih lanjut, mahasiswa program studi Manajemen itu menjelaskan Sherpa Academy merupakan lembaga atau platform yang menyediakan layanan mentorship persiapan beasiswa yang berfokus pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Sherpa Academy memiliki visi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia melalui pembekalan komprehensif yang mencakup pengetahuan, keterampilan teknis, dan pembentukan karakter (character building).

“Sherpa Academy berkomitmen untuk membuka jalan bagi pejuang beasiswa dalam meraih impian mereka. Platform ini hadir sebagai sebuah jawaban dan solusi bagi mereka yang masih bingung mempersiapkan beasiswa,” jelas Samsul.

Mahasiswa yang memiliki hobi membaca itu menambahkan, Sherpa Academy memiliki konsep sebagai lembaga edutech. Dalam pembelajarannya, platform itu erat dengan penggunaan teknologi. Misalnya saja, kelas mentoring yang dilaksanakan melalui zoom meeting , tools slido, dan padlet sebagai bagian dari kurikulum pembelajaran yang diberikan.

Baca Juga : Dosen UMM Jelaskan Pentingnya Matematika untuk Manusia

“Tidak banyak kendala atau masalah yang dihadapi selama persiapan maupun pada saat lomba. Mungkin lebih ke teknis dalam persiapan expo. Saya juga mendapat dukungan penuh dari tim, dosen pembimbing dan juga fakultas di kompetisi ini,” terang Samsul.

Terakhir, Pemuda asal Trenggalek itu berharap dari kemenangan ini dapat meningkatkan skillnya. meraih prestasi-prestasi lain, utamanya di ranah bisnis dan entrepreneurship. Ia juga berpesan bagi mahasiswa lainnya untuk terus belajar untuk meningkatkan kemampuan diri serta  tidak takut dalam mencoba sesuatu.
  
“Jadilah mahasiswa yang aktif dalam berbagai kegiatan ataupun perlombaan. Percayalah hasil yang akan kamu dapatkan akan menjadi suatu prestasi dan kebanggaan bagi diri sendiri, orang tua dan juga kampus putih UMM,” pungkasnya. (Zak)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image