Tapak Suci UMM Borong Juara di Kompetisi Internasional

Author : Humas | Rabu, 17 November 2021 06:08 WIB
Tapak Suci UMM berhasil Meraih Juara di Airlangga (Foto: Istimewah)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) senantiasa mendorong mahasiswanya untuk terus berprestasi. Tidak hanya di aspek akademik saja, api juga di aspek non akademik. Kali ini kabar gembira datang dari UKM Tapak Suci (TS) UMM. Tim inj berhasil memborong juara di Airlangga Championship Tapak Suci International Virtual Open 2021. Sembilan delegasi yang dikirim berhasil meraih juara pertama, kedua dan ketiga di berbagai kategori. Adapun kejuaraan ini diselenggarakan secara daring pada tanggal 8-11 November.

Iqbal Maulana Mandala Putra selaku ketua TS UMM menuturkan bahwa persiapan untuk lomba kali ini terbilang mendadak. Terhitung mereka hanya memiliki waktu dua minggu untuk berlatih sebelum terjun ke perlombaan. Meski begitu, Iqbal merasa bahwa usaha keras yang dilakukan membuahkan hasil yang maksimal.

“Biasanya, kami memerlukan persiapan selama satu hingga dua bulan. Dengan begitu, para atlet bisa punya waktu yg cukup untuk melatih gerakan," ungkapnya.

Iqbal, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa kendala yang dialami kali ini terletak pada aspek hafalan gerakan. Para atlet mau tidak mau harus segera memahami gerakan sebelum terjun ke kompetisi. Meski begitu, persiapan fisik yang dilakukan membantu ketika pengambilan video.

"Jadi, menghafal gerakan menjadi aspek yang paling memakan waktu. Teman-teman sering lupa, namun berhasil dengan baik dalam waktu yang tepat," imbuhnya.

Pria asli Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini mengatakan bahwa keunggulan atlet TS UMM adalab dasar teknim uang mumpuni. Didukung juga dengan pelatih yang menguasai berbagai jurus serta teknik. modal tersebut menurut Iqbal membuat para atlet bisa beradaptasi di tengah persiapan yang mendadak.  

Adapun daftar peraih juara ialah Andi Prasetyono yang menyabet juara 1 tunggal tangan kosong dewasa putra dan Ridyan Darmawan yang memenangi juara 1 tunggal bersenjata dewasa putra. Adapula Yulia Nastuti yang meraih juara 2 tunggal tangan kosong dewasa putri dan Fitri Sudirman yang meraih temat kedua tunggal bersenjata dewasa putri. Sedangkan di juara 3, ada Nadiati Sholehah di kategori tunggal bersenjata dewasa putri dan Andi Prasetyono, M Chusni, Azizah Rahman, Fitri Sudirman, serta Yulia Nastuti yang merengkuh juara 3 beregu tangan kosong dewasa campuran.

Terakhir, mahasiswa Prodi Ilmu Hukum ini berharap porsi latihan para atlet bisa ditingkatkan demi mendapatkan juara di tingkat yang lebih tinggi. "Kami juga ingin agar regenerasi di TS UMM bisa berjalan dengan baik sehingga mampu melahirkan juara-juara baru," pungkasnya. (/
wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image