Sukses Lewati Ujian Bahasa Inggris, Ribuan Mahasiswa Lulus FLSP UMM

Author : Humas | Sabtu, 11 Maret 2023 05:03 WIB
Beberapa mahasiswa mendapatkan penghargaan wisuda terbaik FLSP (Foto: Yafi Humas)

Ribuan mahasiswa memadati Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk mengikuti gelar kelulusan (GK) Foreign Language for Specific Purpose (FLSP). Berbeda dengan wisuda, agenda yang dilaksanakan pada 8 Maret 2023  ini merupakan keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan proses belajar bahasa Inggris di UMM.

Menariknya, tidak hanya penyerahan ijazah saja, mahasiswa juga dihibur dengan beragam penampilan dan sederet lomba. Mulai dari band, lomba menyanyi bahasa Inggris, menyanyi bahasa Mandarin, hingga story telling. 

Agenda itu juga diramaikan dengan hadirnya bazar yang terdiri dari unit bisnismaupun usaha para mahasiswa. Uniknya, para penjual dan pembeli diwajibkan menggunakan bahasa Inggris dalam proses jual-beli yang dilakukan. Hal itu menjadi kesempatan yang bagus untuk mempraktekkan bahasa Inggris para mahasiswa.

GK FLSP tahun ini bertema ‘Grasp the Culture, Avoid Language Stutter’. Menurut ketua pelaksana, Roykhanan, tema ini dibuat untuk mendorong anak muda agar bisa berkomunikasi dengan baik. Utamanya melalui bahasa. Berbekal bahasa yang baik, komunikasi antar manusia akan lebih mudah =, meskipun berasal dari negara maupun wilayah yang berbeda.

SDGs UMM Langsungkan Konferensi Khusus Dukung Program Pemerintah

“Tidak hanya bahasa, mahasiswa UMM juga didorong untuk mempelajari budaya-budaya lain. Sehingga mereka juga bisa belajar toleransi dan memahami orang lain,” tambahnya.

Turut hadir Wakil Rektor I UMM, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si. untuk memberikan penghargaan bagi mereka yang mendapat nilai terbaik tingkat universitas. Syamsul, sapaannya, menegaskan bahwa Bahasa Inggris sangat penting karena merupakan bahasa Internasional. Tanpanya, mahasiswa akan mendapatkan kesulitaan, terlebih jika akan meneruskan atau mendapat beasiswa ke luar negeri.

Adapun gelar kelulusan ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2021 UMM. Khusus untuk Fakultas Agama Islam, mereka adalah mahasiswa angkatan 2020. Para mahasiswanya ini sudah mengikuti satu tahun FLSP dan dinyatakan berhasil serta lulus. Sebelumnya, mereka juga diharuskan untuk mengikuti post test sebagai evaluasi dan melihat seberapa besar peningkatan yang dicapai.

Pertamina Plumpang Kebakaran, Ini Kata Dosen UMM

Terakhir, Wakil Rektor III Dr. Nur Subeki, M.T. juga mendorong mahasiswa Kampus Putih untuk menguasai bahasa Inggris. Apalagi di era yang penuh dengan kolaborasi. “Kalau kita tidak bsia berbahasa Inggris, tentu kolaborasi dengan pihak luar negeri akan tersendat atau bahkan tidak pernah terjalin. Maka, untuk menjembatani komunikasi di dunia internasional, bahas inggris memiliki peran yang penting,” katanya. (*/will)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image