Start Energi dan Pertanian: Kerjasama UMM-Jember Langsung Tancap Gas

Author : Humas | Kamis, 05 Januari 2023 07:35 WIB
Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. (sebelah kiri) bersama Bupati Jember Ir. Hendy Siswanto, ST. (sebelah kanan). (Foto: Rino Humas)

Sudah waktunya Jember menjadi daerah yang mandiri energi dan pangan. Hal tersebut ditegaskan oleh Bupati Jember Ir. Hendy Siswanto, ST. saat melakukan diskusi bersama Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) pada 5 Januari 2023. Selain rektor, UMM juga menghadirkan para pakar dan profesor untuk memberikan arahan agar pelaksanaan program kerjasama bisa segera berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, Hendy, sapaannya, mengatakan bahwa pertemuan ini menjadi tindak lanjut kerjasama yang sudah dijajaki. Untuk mencapai tujuan Jember yang mandiri, pihaknya menggandeng UMM dan para pakarnya. Utamanya di bidang pertanian yang fokus pada pertaniain organik dan turunannya. Kemudian yang kedua adalah energi baru terbarukan (EBT).

Baca juga: Tahun Baru Makan Makanan Bakar? Awas Bahaya, Ini Kata Pakar UMM

Dalam diskusi tersebut, sudah dilakukan pemetaan area yang digarap untuk pengembangan beras organik, pupuk organik, dan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH). Agar bisa segera diimplementasikan, dalam kesempatan itu jgua langsung dibentuk tim task force di lapangan yang terdiri dari pihak UMM maupun pemerintah kabupaten (Pemkab) Jember. 

“Kami juga akan berkunjung ke UMM Senin depan untuk melihat berbagai inovasi yang sudah dilakukan. Apalagi pupuk organik, beras organik dan PLTMH sudah diimplementasikan UMM sejak lama sehingga tidak perlu lagi diragukan,” tegasnya.

Baca juga: Tim ITP UMM Dampingi Petani Sumawe, Hasilkan Kakao Berkualitas 

Di sisi lain, Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. mengaku senang dengan penjelasan bpati Jember yang tidak ingin matahari dan air di Jember tidak boleh disia-siakan. Harus ada program konkret yang bisa ditangkap dan menjadi sumber energi pendukung bagi warga Jember.

“Sinergisitas ini tentu segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Kami tidak ingin bertele-tele. Harus ada langkah konkret yang akan segera kami lakukan. Kami juga berkomitmen untuk bersama-sama membangun sustainibiltas bagi masyarakat Jember,” pungkasnya (wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image