Siapkan Lulusan Profesional, UMM Perpanjang Lisensi LSP

Author : Humas | Sabtu, 10 Juli 2021 10:40 WIB
Suasana tes LSP UMM (Foto: Istimewa)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selalu membekali lulusan-lulusannya dengan kompetensi khusus agar dapat bersaing di dunia kerja dan industri. Terbaru, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UMM kembali mendapatkan sertifikat kelayakan dari Kunjung Masehat, S.H., MH., Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) saat gelaran wisuda periode II tahun 2021 pada Selasa (29/6) lalu. Sertifikat kelayakan ini merupakan bentuk perpanjangan lisensi kedua yang telah didapatkan oleh LSP UMM.

Ketua Administrasi LSP UMM, Adhi Nugraha, S.T., MBA, menjelaskan bahwa sertifikasi profesi ini akan menunjang ijazah yang diperoleh para lulusan UMM. Apalagi jika mereka berniat untuk terjun ke dunia kerja. Awalnya, pemberian lisensi dari BNSP ini hanya berlaku selama tiga tahun, yakni dari tahun 2018 sampai 2020. Namun pada perpanjangan kedua, lisensi terakit berlaku selama lima tahun, mulai dari tahun 2021 sampai tahun 2026 nanti. “Jadi lisensi yang kami dapat ini akan berlaku dalam rentang waktu yang cukup panjang,” terangnya.

Baca juga : Tim Mahasiswa UMM Cetuskan DISESPACK, Program Tanggap Bencana

Adhi, panggilan akrabnya kembali menjelaskan bahwa dengan diperpanjangnya lisensi ini, UMM akan semakin memantapkan langkah para lulusan untuk terjun ke persaingan kerja di luar sana. Hal ini juga menjadi kesempatan bagi pihak universitas untuk menyelaraskan kurikulum pengajaran dengan kebutuhan yang ada di industri. “Jadi mungkin tiap prodi bisa mengubah beberapa mata kuliah agar para mahasiswa bisa lulus dalam tes LSP yang telah disediakan,” ungkapnya.

Disisi lain, Direktur LSP UMM, Prof. Dr. Ihyaul Ulum, S.E., M.Si., Ak., CA, berkata bahwa pihaknya telah memiliki 65 skema dan 250 asesor yang tersebar di berbagai prodi UMM. Dengan fasilitas yang telah disediakan oleh LSP UMM tersebut, mahasiswa tidak perlu lagi mengikuti uji kompetensi yang dilakukan oleh pihak luar.

Baca juga : Lectures & Student Exchange PGSD UMM Bahas Tiga Skema Utama Pendidikan

“Kampus sudah memberikan fasilitas bagi para lulusan-lulusan dengan berbagai skema sertifikasi profesi yang tersertifikasi BNSP. Dengan adanya lembaga ini, mahasiswa tidak perlu membayar mahal untuk ikut sertifikasi di lembaga yang lain,” ungkap Ihyaul.

Dijelaskan lebih lanjut, Lembaga Sertifikasi Profesi ini hadir sebagai salah satu bentuk kepentingan UMM untuk melayani mahasiswa. Ihyaul berharap kedepannya, sinergitas antara kurikulum dengan skema kompetensi akan semakin bagus serta selaras. “Dengan berkembangnya kurikulum dan skema kompetansi, tingkat kelulusan sertifikasi mahasiswa juga akan semakin tinggi,” pungkasnnya menerangkan. (syi/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image