Semarak 17 Agustusan UMM: Ajak Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Covid-19

Author : Humas | Senin, 17 Agustus 2020 12:51 WIB
Pengibaran bendera Merah-Putih tanpa melibatkan peserta. (Foto: Rizki/Humas)

DI TENGAH keterbatasan pandemi Covid-19, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) tetap semarak di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Meski tidak seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya, peringatan tetap penuh dengan rasa hikmat dan atmosfir nasionalisme yang kuat. Berbagai rangkaian acara diselenggarakan dengan tetap menaati protokol kesehatan Covid-19. Agenda pengibaran bendera pun diselenggarakan Senin (17/8) pagi tanpa melibatkan banyak peserta sivitas akademika. Bahkan, dilaksanakan tanpa adanya amanat upacara.

Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. usai pengibaran menyampaikan pesan khusus dalam memperingati HUT RI. Fauzan menyampaikan, peringatan 17 Agustus tahun ini bersamaan dengan kondisi yang memprihatinkan yaitu adanya Covid-19. “Kita sebagai warga kampus harus tetap menjadi pelopor bagi masyarakata untuk menjaga protokol kesehatan, menjaga disiplin hidup dengan tetap menjalani aktivitas seperti biasa. Yang harus kita hilangkan adalah perasaan paranoid. Karena perasaan itu tidak akan melahirkan sesuatu yang membanggakan,” kata Fauzan usai pelaksanaan pengibaran.

Launching UMM Gowes Club secara simbolis oleh Rektor UMM. (Foto: Humas UMM) 

Lebih jauh, Fauzan mewakili seluruh sivitas akademika UMM lantas mendoakan, seluruh masyarakat agar sehat senantiasa dan terhindar dari wabah Covid-19 yang melanda saat ini. “Marilah kita hadapi wabah ini dengan penuh disiplin dan tetap membangun komitmen yang tinggi dalam rangka untuk memajukan kampus kita. Kita tidak boleh lelah, kita tidak boleh menyerah, tetapi kita harus tetap bekerja keras dan tetap berkomitmen menjaga kesehatan. Dan marilah kita bersatu bergotong royong dalam rangka memperkuat kemajuan universitas ini ke depan,” sambung Fauzan.

Baca juga: Perpustakaan UMM Webinar Bareng Menko PMK: Bersama Lawan Buta Aksara Masa Kini

Sebelumnya, sejak Sabtu (15/8) berbagai rangkaian acara telah diselenggarakan. Di antaranya Uklam Tahes atau jalan sehat yang mengambil rute lingkungan Kampus III UMM di jalan raya Tlogomas. Pasca itu, acara dilanjutkan dengan senam aerobic untuk menambah kebugaran sivitas akademika UMM. Menurut Fauzan, berbagai agenda yang dipersiapkan UMM dalam rangka menyemarakkan HUT ke-75 RI adalah untuk memberikan inspirasi kedapa masyarakat pada umumnya, bahwa masyarakat bisa hidup dengan normal dengan menerapkan protokol Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Tak mau kalah, kegandrungan masyarakat untuk bersepeda ternyata juga mewabah di Kampus Putih UMM. Di tanggal 17 Agustus, sebelum pelaksanaan pengibaran bendera Merah-Putih, UMM juga melakukan launching komunitas anyar, UMM Gowes Club yang langsung diketuai oleh Rektor UMM Fauzan. Untuk menambah semarak peringatan HUT ke-75 RI, seluruh sivitas akademika yang berusia di bawah 40 tahun melakukan aksi kolosal papermob dengan menerapkan social distancing. Papermob ini membuat formasi Logo HUT ke-75 RI, Sehat Merdeka, UMM Kuat, serta Bendera Merah-Putih. (can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image