RS UMM Konsisten Adakan Senam Jantung Sehat

Author : Humas | Selasa, 23 Agustus 2016 13:54 WIB
Ratusan warga dan civitas akademika UMM saat mengikuti Senam Jantung di Lapangan Parkir RS UMM. (Rino/Humas)

RUMAH Sakit Universitas Muhammadiyah Malang (RS UMM) menandai rangkaian acara Milad Ke-3 dengan kegiatan senam jantung sehat yang diselenggarakan di Lapangan Kantin RS UMM, Sabtu (20/8). Sejak di-launching pada 2013, RS UMM telah mempelopori Senam Jantung Sehat untuk ikut mengurangi angka kematian akibat penyakit jantung.

Senam jantung sehat dinilai sebagai kegiatan netral yang dapat menjadi hiburan sehat sekaligus budaya meningkatkan kebugaran. Kegiatan ini diikuti oleh anggota Klub Jantung Sehat Cabang Malang Raya, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dan Malang Community Cardiovascular Care (MC3).

Senam juga dihadiri oleh Rektor dan civitas akademisi UMM, Direktur RS UMM, Kapolsek Dau, Lowokwaru dan Karangploso, Kades dan Camat Dau, berserta warga di sekitar RS UMM.

Direktur RS UMM Prof Dr dr Djoni Djunaedi Sp PD-KPTi membuka kegiatan dengan pelepasan balon merah putih, selain sebagai Milad RS UMM juga memperingati Hari Kemerdekaan. “RS itu seharusnya menjadi rumah sehat, karena yang sakit jantung itu harus menjadi jantung sehat,” kata Djoni.

Pensiunan RS Syaiful Anwar ini juga memberikan informasi tentang peningkatan pelayanan RS UMM yaitu unit pelayanan katerisasi jantung dan angiografu (cathlab). Unit bermanfaat untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau ekektroda dan unit pelayanan Multi Slice CT Scan (MSCT).

Teknik pemeriksaan yang digunakan yaitu computed tomography secara akurat dari tulang hingga pembuluh pembuluh darah koroner pada jantung. "Tidak ada rumah sakit besar berdiri tanpa pasien. RS UMM harus menjadi yang terbaik dan harus selalu meningkatkan pelayanannya," ungkapnya.

Serangan jantung adalah penyakit yang paling mengancam jiwa manusia. Menurut data nasional hampir 1 juta terserang penyakit jantung, dan 50 persen di antaranya meninggal dunia. Yayasan Jantung Indonesia sebagai lembaga swadaya masyarakat membantu pemerintah menciptakan manusia Indonesia yang berkualitas, bebas dari penyakit jantung dan pembulu darah melalui berbagai upaya. Salah satunya adalah membentuk Klub Jantung Sehat dan Klub Jantung Sehat Remaja.

Dr. Pawik Supriadi sebagai perwakilan YJI Malang Raya dalam sambutannya menyampaikan harapan, dengan berdirinya RS UMM masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Sekaligus menerapkan panca usaha jantung sehat. "Seimbang gizi, enyahkan rokok, hindari dan atasi stres, awasi tekanan darah dan teratur berolahraga," jelasnya.

Dr Andi selaku ketua pelaksana mengatakan, Milad ke-3 RSU UMM ini sekaligus agar klub jantung sehat RS UMM langgeng dan memberikan wahana untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tidak hanya kegiatan senam sehat jantung, pemeriksaan gula darah gratis dan door price menarik juga turut memeriahkan acara. (roh/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image