Puluhan Peserta CoE English for Hospitality UMM Dikirim Magang Hotel Berbintang

Author : Humas | Sabtu, 12 Agustus 2023 05:51 WIB
Sambutan Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si. dalam acara pembukaan Profesional Internship CoE English for Hospitality, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Foto : Zaki Humas)

 

Antusiasme para tamu terlihat jelas saat mahasiswa CoE English for Hospitality Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menampilkan kebolehannya. Penampilan itu merupakan bagian dari pembukaan Profesional Internship CoE English for Hospitality, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Turut hadir mitra Dunia Usaha dan Duni Industri (DUDI) dan sederet perewakilan guru SMA se-Malang Raya dalam agenda yang dilaksanakan 10 Agustus itu.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Drs. Jarum, M.Ed mengatakan, peserta CoE adalah mahasiswa yang sudah diseleksi dengan maksimal. Mereka juga sudah mendapatkan teori dan praktik kompetensi.

Baca Juga : Di UMM, Ketua Ombudsman RI Diminta Soroti Administrasi Scopus Jadi Syarat Kepangkatan Dosen

“Alhamdulillah 29 mahasiswa akhirnya terpilih karena memiliki daya tahan yang bagus sehingga bisa bertahan di kelas CoE ini. Kemudian semester selanjutnya mereka akan langsung bekerja secara nyata di tempat mitra DUDU yang telah bermitra dengan UMM. Ada Samara Hotel & Resort Batu, The Onsen Hot Spring Resort Songgoriti, Aston Inn Batu, dan lainnya,” ungkap Jarum.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, CoE English for Hospitality ini dirancang tidak sekedar memberikan teori maupun praktek saja, tapi juga memiliki target agar para mahasiswa ini bisa langsung direkrut oleh para mitra. Selain itu, CoE ini juga terus mengembangkan mitranya ke Surabaya, Yogyakarta dan juga Bali. Sehingga ke depannya ada 13 mitra yang bergabung dengan program inj.

“Kami juga sedang menggaet dan bekerjaaama dengan SMK yang ada di Malang. Dengan begitu,
akan semakin banyak SDM yang bisa langsung dijaring industri. Dalam waktu dekat, kami juga akan membuka CoE baru yakni CoE english for young learner,” tambahnya.

Baca Juga : Adif, Mahasiswa Vokasi UMM Sukses Juarai Festival Film Nasional

Di sisi lain, General Manager at Samara Hotel & Resort, Arif Purnomo Saputra mengapresiasi program ini. Menurutnya, CoE ini membantu mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran dan praktek mumpuni, utamanya dalam hal hospitality.

“Saya kaget karena para peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Sekarang mereka sudah bisa greeting dengan baik, smiling serta grooming. Mereka sudah paham bahwa bekerja di perhotelan adalah pekerjaan jasa yang harus sangat baik,” tambahnya.

Arif berharap, para mahasiswa yang akan magang ini bisa menunjukkan ilmu yang sudah mereka dapat. Jika mereka bisa menampilkan performa yang baik, tidak menutup kemungkinan bisa langsung direkrut.

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si. menyampaikan, CoE memang dibuat untuk menjawab tantangan perkembangan perguruan tinggi. Ini juga menjadi bagian dari upaya UMM untuk memastikan lingkungan belajar yang nyaman, berkompetisi, serta kepastian bekerja.

“Selamat untuk CoE English for Hospitality UMM. Semangat dan lakukan yang terbaik dalam menjalankan proses magang di mitra DUDI, kami berharap kalian juga terus menjaga nama baik Kampus Putih,” harapnya mengakhiri. (Zak/Wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image