Mahasiswa UMM Ini Koleksi Medali Motorcross hingga Jadi Perwakilan PON

Author : Humas | Jum'at, 10 November 2023 10:49 WIB
Javier Saat mengikuti Perlombaan Trial game Dirt 2023 (Foto : Istimewa)

Hobi seringkali dapat menjadi salah satu jalan untuk membuka peluang memenangkan masa depan. Hal itu pula yang terjadi di kehidupan Javier Bhagawanta, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ia sukses memenangkan berbagai kejuaraan motocross berkat hobinya bermotor.

Terbaru, ia berhasil meraih medali perunggu atau juara dua dalam dalam kompetisi Trial Game seri 6 kategori campuran non seeded yang diadakan Lapangan Rampal, Kota Malang. Ia mengalahkan berbagai peserta, baik yang atlet maupun yang non-atlet. Kompetisi ini juga merupakan final dari gabungan beberapa seri perlombaan yang diadakan di berbagai daerah seperti Mojokerto, Tulungagung, Magelang, Purwokerto, dan lain-lain.

Mahasiswa asal Papua itu mengaku bahwa menyukai motor trail sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kesukaannya pada motor trail tak lepas dari kegemaran ayahnya yang menyukai motor trail pula. Melihat potensi dan bakat Javier, akhirnya kedua orangtuanya mendukung penuh untuk bsia mengembangkan minatnya di bidang bermotor trail.

Baca juga : Bantu Petambak Udang, Tim Mahasiswa UMM Kembangkan Alat Deteksi Air

Demi mengembangkan hobinya, ia bahkan rela datang dari papua untuk belajar motor trail di Kediri. Kini, ia tergabung dalam Nugroho Motocross Training (NMT), Kediri, dan berlatih di sela-sela padatnya perkuliahan yang ia jalani. 

“Motivasi saya untuk terus berkompetisi dan menang tak lepas dari teman-teman sejawat yang saling menyemangati. Lomba juga menjadi wadah saya untuk mengukur seberapa bagus kemampuan saya selama ini,” jelasnya. 

Selain menyabet juara pada kompetisi itu, ia juga sudah memenangkan banyak piala. Sebelumnya ia pernah mendapat juara 3 pada seri 4 yang diadakan di Magelang. Tak hanya itu, ia juga terpilih menjadi atlet motocross untuk mewakili Papua dalam ajang PON 2024 yang akan diselenggarakan di Aceh.

Baca juga : UKM Golf UMM Gandeng IKA Gelar Turnamen Golf

Untuk memenangkan perlombaan, Javier mengatakan bahwa perlu skill yang baik dan terukur. Apalagi medan yang dihadapi tidak menentu. Kadang becek saat hujan bahkan kering. Kuncian motor pada saat berbelok ataupun saat melakukan lompatan juga untuk menjepit motor agar tidak terjatuh.

Javier berharap, berbagai kemenangannya bisa membuka jalannya menjadi atlet nasional dan bersanding dengan par aprofesional. “Tentu, belajar tetap nomor satu. Tapi selama hobi tidak mengganggu, saya akan tetap mengikuti berbagai kompetisi,” pungkasnya. (*tri/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image