Mahasiswa UMM Ciptakan Media Tanam Hidroponik

Author : Humas | Selasa, 11 Agustus 2020 12:16 WIB
Media aplikasi hidroponik. (Foto: Istimewa)

MENGHASILKAN program kerja yang dapat berguna bagi masyarakat adalah tujuan utama Tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa 56 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Membuat media tanam hidroponik, salah satu program kerja yang diprakarsai oleh lima mahasiswa UMM, yaitu Rachel Putri, Dewi Arif, Fitry Ayu, Adelia Septiani, serta Nindya Ayu (08/08).

Program kerja tersebut telah memasuki tahap penyemaian. Hidroponik yang diaplikasikan adalah sayur-sayuran. Tim PMM yang dibimbing oleh Dosen Fakultas Hukum UMM, Yaris Adhial Fajrin tersebut berlokasi di Desa Mulyoarjo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Tujuan utama program kerja tim PMM tersebut adalah menuju Mulyoarjo yang cerdas Covid. Selain tanaman hidroponik, program kerja lainnya adalah membuat jamu gebing untuk imunitas tubuh, membuat faceshield untuk warga desa, serta program edukasi tertib Covid.

Baca juga: Mahasiswa UMM Edukasi Warga Pembuatan Jamu

Rachel, selaku koordinator Tim PMM 56 mengatakan media tanam hidroponik sayur-mayur ditujukan untuk antisipasi lumbung pangan warga Desa Mulyoarjo. Dijelaskan oleh mahasiswa Program Studi Bahasa Arab 2017 tersebut lumbung pangan merupakan wadah sumber pangan bagi warga Desa Mulyoarjo.

Rachel juga menambahkan nantinya sayur hasil panen hidroponik akan didistribusikan ke lumbung pangan warga setempat. “Di PMM ini, kami berusaha memberikan yang berguna dan berkelanjutan seperti sumber pangan bagi warga, sehingga kami menciptakan warga desa yang mandiri juga,” tuturnya. (*/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image