Mahasiswa UMM Borong Juara di Kejuaraan Karate Provinsi

Author : Humas | Rabu, 07 September 2022 07:10 WIB
Palapa Maha Awatara, mahasiswa Psikologi UMM yang sukses memborong tiga prestasi. (Foto: Istimewa)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) senantiasa mendorong kultur berprestasi bagi mahasiswanya, baik itu di bidang akademik maupun non-akademik. Salah satunya yang diraih oleh Palapa Maha Awatara, mahasiswa Psikologi UMM yang sukses memborong tiga prestasi sekaligus di Piala Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang dan Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) Pengurus Provinsi Jawa Timur (JATIM). Kompetisi tingkat provinsi ini diadakan pada akhir Agustus lalu berlokasi di Gedung Olahraga (GOR) Ken Arok, Kota Malang.

Adapun prestasi yang ia raih antara lain juara 1 kumite -67 U21 putra, juara 1 kumite beregu u21 dan best of the best u21.Tara, sapaan akrabnya bercerita, bahwa sejak ia kecil karate telah menjadi olahraga favoritnya. Hobi tersebut mampu membawanya meraih banyak prestasi sebagai atlet, baik di tingkat daerah bahkan nasional. Semua berawal dari sebuah dojo (tempat latihan karate) yang terletak tidak jauh dari rumahnya. 

“Karena sering menonton orang-orang latihan, tumbuh ketertarikan saya akan karate. Alhamdulillah hobi itu bisa membawa saya menjadi atlet dan memenangkan berbagai kejuaraan hingga saat ini. Apalagi keluarga dan teman-teman juga mendukung. Ditambah lagi berbagai fasilitas yang disediakan oleh Kampus Putih UMM,” ucapnya.

Atlet yang juga lolos seleksi provinsi ini mengatakan bahwa latihan intens selama satu bulan sudah menjadi rutinitas dalam persiapan menghadapi kompetisi. Dua minggu latihan penguatan fisik, satu minggu pendalaman teknik dan dua minggu simulasi pertandingan. Ia merasa beruntung karena UMM memberikan banyak fasilitas. Salah satunya unit kegiatan mahasiswa (UKM) karate yang bisa diikuti. Dari situ ia bisa saling latihan bersama dan sharing strategi agar bisa memenangkan pertandingan.

“UMM memang sangat mendukung saya dalam setiap kejuaraan. Bukan hanya saya, tapi semua bakat dan potensi mahasiswa diwadahi melalui UKM dan organisasi lainnya. Dengan begitu mahasiswa bisa terus menambah dan meningkatkan skill,” tuturnya.

Sebelumnya, mahasiswa angkatan 2021 ini sempat meraih juara di Jember Open, pada Juli. Menariknya, ia juga memborong dua juara di kompetisi itu, di antaranya kategori kumite perorangan dan beregu. “Harapana saya tenti bisa lolos seleksi nasional dan mampu mewakili Indonesia di kejuaraan internasional,” harap mahasiswa asli Bali tersebut. (haq/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image