Mahasiswa UMM Bikin Aplikasi Belajar Agama Islam bagi Anak Down Syndrome

Author : Humas | Senin, 25 September 2023 06:45 WIB
Muhammad Haddad Richard Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2020 (Foto : Istimewa)

Media pembelajaran sangat banyak bentuknya dan menyesuaikan siapa yang akan mempelajarinya. Salah satu yang sering dimanfaatkan dan sangat digemari adalah media pembelajaran berbentuk aplikasi. Berangkat dari hal tersebut, Muhammad Haddad Richard Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2020 membuat prototipe media pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam untuk anak down syndrome. Berkat inovasi ini, ia juga sukses meraih Juara 2 pada LTIQ SIQTAFEST 2023 yang dilaksanakan di Tanggerang, Banten.

Haddad, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa ide membuat aplikasi ini muncul saat dirinya melihat dan menyadari berbagai keterbatasan yang dialami oleh anak down sydrome. Utamanya dalam aspek belajar. Maka dari itu, muncul ide untuk merancang media pembelajaran yang membantu mereka dalma meningkatkan proses menyerap ilmu. 

Ia bercerita, salah satu kesulitan yang ia temui dalma proyek ini adalah desain aplikasi serta pemilihan warna. Hal itu tak lepas dari peran penting warna untuk menarik perhatian anak-anak down syndrome. Sekaligus juga tools-tools yang mudah dioperasikan dalma aplikasi.

“Anak-anak down syndrome tentu akan tertarik dengan pemilihan warna yang tepat. Jika hanya diberi warna dasar, takutnya mereka tak tertarik dan langsung pergi begitu saja tanpa mencoba aplikasi ini,” katanya melanjutkan. 

Baca Juga : Wisudawan UMM yang Lulus berkat Saxophone

Adapun rancangan aplikasi tersebut Haddad beri nama Alqolam.id. Nantinya para pengguna dapat menggunakan aplikasi dengan mudah. Diawali dengan melakukan pendaftaran dan mengisi biodata diri. Sehingga konten dalma aplikasi bisa disesuaikan. 

“Setelah mengisi data diri, pengguna akan langsung masuk ke dalam aplikasi Alqolam. id. Pada rancangan aplikasi ini terdapat pembelajaran huruf hijaiyah, pengenalan doa sehari-hari dan pengenalan tajwid,” ungkapnya.

Selain itu, hal menarik yang disajikan Alqolam nantinya adalah adanya tampilan tiga dimensi atau augmented reality. Menurutnya, tampilan 3D ini dapat memudahkan anak down syndrome dalam belajar. 

Baca Juga : FH UMM Luncurkan Laboratorium Virtual Pertama di Indonesia

“Semoga prototipe aplikasi ini tidak hanya memberikan manfaat untuk anak-anak down syndrome, tapi juga membakar semangat anak-anak muda lain untuk menciptakan inovasi. Bukan hanya inovasi yang bermanfaat bagi diri sendiri saja, tapi juga memberikan kebaikan bagi banyak roang atau kelompok yang banyak orang tidak sadar,” tegasnya mengakhiri. (Rev/Wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image