Mahasiswa PPG UMM Menangi Lomba Video Pembelajaran Nasional

Author : Humas | Sabtu, 10 Juli 2021 10:53 WIB
Intan peraih juara satu lomba video pembelajaran tingkat nasional (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menorehkan prestasi. Kali ini kemenangan datang dari Intan Tristanti, mahasiswa prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan (FKIP). Ia berhasil meraih juara satu lomba video pembelajaran tingkat nasional. Adapun kompetisi tersebut diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang diselenggarakan sejak Mei hingga Juni 2021.

Sebelum akhirnya memutuskan untuk mengikuti lomba, Intan sempat mengalami dilema mengingat agenda tersebut merupakan kesempatan pertama baginya mengikuti kompetisi semcam ini. Ia merasa tidak percaya diri dengan video yang akan dibuat. Namun berkat dukungan berbagai pihak, ia akhirnya memberanikan diri dan nekat untuk bersaing dengan peserta lainnya. Hingga akhirnya ia berhasil dan menyabet juara dengan bangga.

Baca juga : Mahasiswa UMM Sukses Menangi Lomba Tilawatil Nasional

Mahasiswa kelahiran Blitar ini menjelaskan bahwa tema yang ia angkat dalam videonya adalah wawancara dan lingkungan. Dalam video itu, ia menerangkan bagaimana melakukan wawancara yang baik dan benar. Tidak hanya sekadar wawancara, tapi juga cara berkomunikasi dengan masyarakat sosial lain. Terutama mereka yang berada di lingkup lingkungan terdekat. “Saya juga menjelaskan materi terkait hubungan antara manusia dan lingkungan karena tidak jarang kita melupakan hal itu,” tuturnya.

Ia kembali menambahkan bahwa ia juga mencantumkan hasil pembelajaran peserta didik. Hal ini tidak lepas dari syarat kelengkapan video yang harus dipenuhi oleh para peserta. Pencantuman hasil pembelajaran peserta didik ini juga menjadi salah satu faktor kemenangan yang akhirnya Intan peroleh. “Sejauh yang saya tahu, ada beberapa peserta yang mungkin tidak sempat menyertakan persyaratan tersebut sehingga mengurangi nilai. Alhamdulillah sudah saya cantumkan di video yang saya kirimkan,” ungkapnya.

Baca juga : Siapkan Lulusan Profesional, UMM Perpanjang Lisensi LSP

Setelah meraih juara, ia berharap proses pembelajaran daring kedepannya bisa lebih kreatif dan inovatif. Salah satunya bisa menggunakan video pembelajaran yang edukatif. Pun dengan tugas yang berbentuk praktek agar mampu menggali potensi yang dimiliki oleh tiap siswa. Intan juga berharap agar para calon guru baru untuk tidak mudah menyerah dan lelah untuk belajar hal baru. “Selalu percaya pada kemampuan diri sendiri. Hal itu tidak lepas dari peran guru yang nantinya dituntut serba bisa dalam mendidik calon penerus bangsa,” pungkasnya dalam sesi wawancara. (haq/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image