Magang Kelas Udang UMM Lahirkan Profesional dan Wirausahawan

Author : Humas | Sabtu, 28 Agustus 2021 10:10 WIB
Para peserta magang bersama Rektor UMM saat pelepasan.
Beragam kelas profesioanl telah disediakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bagi para mahasiswa. Tidak terkecuali kelas profesional udang yang ada di Program Studi (Prodi) Akuakultur, Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP). Kelas tersebut melepas para pesertanya untuk terjun langsung di dunia industri pada Rabu (25/8) lalu di Pantai Blado, Kecamatan Munjungan, Trenggalek. Adapun Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd juga turut hadir mendampingi dengan memberikan dorongan moril kepada para peserta.
 
Ganjar Adhywirawan Sutarjo, M.P. selaku ketua Prodi Akuakultur menjelaskan bahwa kelas profesional ini pada dasarnya terdiri dari dua tahapan. Tahapan pertama yakni penyampaian materi yang diberikan di kelas secara tatap maya. Setelah dua bulan mengikutinya, para peserta baru bisa dilepas dan ditempatkan di lokasi magang yang telah disediakan. “Pada tahapan kedua ini, mereka akan ditempa dan diberi pemahaman di tempat magang yakni di lokasi para mitra yang dimiliki oleh UMM. Hingga nanti di akhir akkan mendapatkan sertifikat kompetensi,” terangnya.
 
Ganjar, panggilan akrabnya juga mengatakan bahwa mahasiswa yang mengikuti kelas profesional ini akan ditempatkan di 16 mitra yang tersebar di berbabagai daerah. Mereka diharapkan dapat mengikuti satu siklus budidaya produksi udang. Dengan begitu, akan banyak ilmu yang diserap, tidak hanya secara teori namun juga praktik langsung di lapangan.
 
Dijelaskan lebih lanjut, nantinya akan ada monitoring untuk melihat perkembangan kelas udang tersebut. Selain itu juga melakukan evaluasi menyeluruh agar ada peningkatan mutu dalam pelaksanaannya. “Proses evaluasi tidak hanya dilakukan oleh pihak UMM, tapi juga diselenggarakan bersama-sama dengan para mitra yang telah dimiliki,” imbuhnya.
 
Terpisah, Dr. Ir. David Hermawan, MP. IPM. Selaku Dekan FPP UMM menilai kegiatan ini dapat menjadi pemacu mahasiswa untuk lulus tepat waktu. Hal itu mengingat seluruh aktivitas tersebut dapat dikonversikan dengan mata kuliah yang relevan. Di antaranya aquapreneurship, penyuluhan dan komunikasi perikanan, KKN, serta PKL. Bahkan akan dipertimbangan untuk dijadikan skripsi. ”Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresisasi dan penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di UMM,” tuturnya.
 
Terakhir, Fauzan mengapresiasi aktivitas kelas profesional udang ini. Ia berharap akan ada peningkatan dalam aspek dan kompetensi budidaya udang. Dengan begitu, para mahasiswa bisa menapaki karir di bidang udang atau bahkan mampu menjadi wirausaha di bidang tersebut. “Ini saatnya peserta Kelas Profesional Udang untuk senantiasa mengasah segala kecakapan, keterampilan, dan juga sikap kerja di dunia nyata”, tutupnya menjelaskan. (wil)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image