LP3A UMM Ajak Orang Tua Gali Potensi Anak

Author : Humas | Kamis, 04 Agustus 2022 02:55 WIB
Lomba Mewarnai yang diikuti oleh Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD) se-Malang Raya. (Foto: Haqi Humas)

Berikan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa, Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LP3A) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selenggarakan Hari Anak Nasional. Kegiatan bertema Menggali Potensi, Mengasah Kreasi, Mencetak Prestasi menuju Generasi Mandiri ini diadakan di Taman Sengkaling UMM, Sabtu (31/7) lalu.

Kepala LP3A UMM, Dra.Thathit Manon Andini, M.Hum, menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar seremonial semata, tetapi juga memberi  wadah bagi anak Indonesia untuk mengembangkan bakat serta potensinya dengan mengikuti berbagai perlombaan. Total ada 14 bidang kategori perlombaan yang diselenggarakan. Perlombaan ini diikuti oleh 144 anak dari jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD) se-Malang Raya.

“Para peserta akan memperebutkan 56 piala dari 14 kategori lomba. Tak hanya terbatas pada anak-anak kegiatan yang kami lakukan juga menyasar para orang tua, dosen, serta mahasiswa melalui kegiatan webinar. Acara tersebut diisi oleh Drg. Arbani Mukti Wibowo selaku Kepala Dinas Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak (DB3A) Kabupaten Malang dan juga AKP Tri Nawangsari selaku Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (Kanit PPA) Polresta Malang Kota,” ujar dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tersebut.

Lebih lanjut, Thathit sapaan akrabnya berharap bahwa setiap orang tua dapat mendampingi anaknya hingga berhasil meraih mimpi. Pemberian akses pendidikan yang layak kepada anak juga menjadi poin penting. Hal ini terjadi karena di Indonesia masih banyak anak yang tidak mendapat pendidikan yang layak. 

“Data mengatakan 4,3 juta anak Indonesia dalam rentan umur 7 - 18 tahun masih belum sekolah. Hal ini akan mempengaruhi anak dalam menentukan potensinya. Padahal lembaga pendidikan formal seperti sekolah, bisa mengeratkan pentingnya pendampingan bagi anak -anak,” ungkap Thathit.

Dalam kesempatan yang sama, Najamuddin selaku orang tua anak yang hadir pada kegiatan tersebut mengapresisasi dan mengungkapkan rasa senang atas terselenggaranya kegiatan ini. Baginya, kegiatan ini merupakan momentum yang tepat untuk mendorong potensi yang anaknya miliki

“Anak saya sangat antusias dan senang menghadiri perlombaan. Saya juga merasa menjadi lebih dekat dengan anak setelah mengikuti kegiatan ini.  Saya berharap agenda seperti ini akan menjadi agenda tahunan,” pungkasnya mengakhiri. (*Ros/Syi)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image