Kaji Habbatussauda, Mahasiswa FK UMM Rengkuh Kemenangan di Ajang Esai Nasional

Author : Humas | Selasa, 15 November 2022 11:47 WIB
Yasmin Zakiyyatuzzahra, Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (Foto: Gita Humas)

Kabar membanggakan datang dari tim mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mereka adalah Yasmin Zakiyyatuzzahra dan tim, Zulfia Rahmawati Utami serta Jesica Lucky Mar'atus Sholiha yang sukses meraih juara 3 Esai Ilmiah pada ajang 2nd Jember Dentistry Festival, Jember, pada awal November ini. 

Ketiganya mengangat tema pengobatan herbal dalam perspektif agama. Fokusnya yakni efektivitas pemebrian habbatussauda dalam pengobatan pasien diabetes mellitus tipe 2. Selain itu juga mengkaji pandangan Islam tentang habbatussauda sebagai obat herbal. 

Adapun habbatussauda merupakan salah satu tanaman herbal paling terkenal di Indonesia. Bahkan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya penunjang terapi diabetes mellitus tipe 2. Di Indonesia, diabetes mellitus yang merupakan penyakit tidak menular nomor 3 yang paling banyak diderita dengan jumlah pengidap sebanyak 19,47 juta. Dengan jumlah penduduk sebesar 179,72 juta, berarti prevalensi diabetes di Indonesia sebesar 10,6%.

“Maka kami mencoba memberikan inovasi dan meneliti hal yang menunjang untuk terapi penyakit ini, salah satunya yakni melalui tanaman herbal. Di samping itu, diriwayatkan dalam sebuah hadist riwayat Bukhari bahwa habbatussauda dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit sejak zaman Rasulullah,” tambah Yasmin.

Ia menjelaskan bahwa mereka sudah bersiap diri dari jauh-jauh hari. Beberapa langkahnya yakni menentukan tema, mencari literatur, kemudian juga menyusun kerangka esai. Pun dengan melatih public speaking dan presentasi. Mereka merasa beruntung karena pihak Kampus UMM selalu mendukung potensi mahasiswanya dengan membentuk LSO maupun unit kegiatan mahasiswa (UKM). Misalnya saja UKM Forum Diskusi Ilmiah yang sering melahirkan mahasiswa berprestasi. 

Baca juga: Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Begini Kata Dosen Ekonomi UMM

Mereka juga bersyukur bisa turut serta dalam ajang tersebut karena bisa mengenal banyak teman. Dengan begitu, banyak ide dan insight baru yang bisa dikembangkan ketika kembali ke kampus. Apalagi ini perlombaan pertama bagi mereka dan bangga dengan hasil yang diraih. 

Baca juga: RBC UMM Kaji Respons Muhammadiyah di Tahun Politik 2024

“Saya rasa kemenangan kami ini bukan hanya menjadi pelecut bagi saya dan tim, tapi juga harus menjadi motivasi bagi rekan-rekan mahasiswa lainnya untuk turut berkontribusi dan mengharumkan nama kampus di berbagai level,” tegasnya. (rah/sil/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image