Ingat Formula JAKET Mahasiswa Kedokteran UMM Ini untuk Cegah Hipotermia

Author : Humas | Jum'at, 14 Februari 2020 10:01 WIB
Nadhiva Nur A. dan Bagas Danadipa. (Foto: Istimewa)

Hipotermia adalah kondisi ketika suhu tubuh menurun drastis hingga di bawah 35oC. Ketika suhu tubuh berada jauh di bawah normal (36-38oC), fungsi sistem saraf dan organ tubuh lainnya akan mengalami gangguan. Jika tidak segera ditangani, hipotermia dapat menyebabkan gagal jantung, gangguan sistem pernapasan, dan bahkan kematian. Tapi gejala ini tidak akan terjadi jika Anda betul-betul menerapkan formula “JAKET”.

JAKET sendiri merupakan akronim dari Jeans are not allowed to be used (Jeans tidak bisa digunakan), Avoid drinking alcoholic beverages to warm the body (Hindari minum minuman beralkohol untuk menghangatkan tubuh), Keep your body temperature normal (Jaga suhu tubuh Anda normal), Eat enough because the body needs energy (Makan cukup karena tubuh membutuhkan energi), dan terakhir The equipment carried and used must be completed (Peralatan yang dibawa dan digunakan harus dilengkapi).

Formula ampuh sekelompok mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (FK UMM) ini digadang mampu untuk pencegahan hipotermia. Adalah Bagas Danadipa dan Nadhiva Nur A. yang menjadi juara 1 Lomba Poster Publik tingkat nasional dalam acara Indonesian Medica Student Training and Competition (IMSTC) yang diadakan oleh Asian Medical Students Association (AMSA) Indonesia (9/2).

Baca juga: Profesor UMM Bikin Produk Bioteknologi 5 in 1 untuk Atasi Masalah Pakan Ternak

Poster yang dilombakan. (Foto: Istimewa)

Indonesia memiliki sekitar 128 gunung dari Sabang hingga Merauke. Sekitar 5 juta orang tinggal di dekatnya. Keindahan alam membuat banyak orang tertarik untuk mendaki Gunung. Untuk satu gunung saja bisa mencapai puluhan ribu pengunjung setiap tahunnya. “Hipotermia adalah salah satu kendala yang sering mengancam kehidupan pejalan kaki di gunung. Oleh karena itu, pejalan kaki harus tahu cara mencegah hipotermia ini,” jelas Bagas saat diwawancarai perihal kemenangannya.

IMSTC sendiri merupakan acara tahunan AMSA Indonesia dimana pada tahun ketiga ini Universitas Brawijaya menjadi terpilih menjadi host. Acara bertema Trauma Care with Comprehensive Solution ini berisi serangkaian training atau lecturing mengenai pembuatan makalah ilmiah dan poster publik serta 5 cabang lomba, yaitu poster publik, poster saintifik, videografi, fotografi, dan scientific paper. (yus/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image