CoE UMM Antarkan Nila Bekerja di Perusahaan Beken Usai Lulus

Author : Humas | Rabu, 11 Oktober 2023 07:48 WIB
Nila Choirun Nailin, alumni Program Studi (Prodi) Akuakultur Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) (Foto : Istimewa)

Adalah Nila Choirun Nailin, alumni Program Studi (Prodi) Akuakultur Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang langsung direkrut menjadi Analis Laboratorium di PT Summa Benur. Hal itu tak lepas dari keikutsertaannya dalam program Center of Excellence kelas Udang. Sebelumnya, ia memang dikirim program CoE untuk magang profesional di sana selama empat bulan.

Keberhasilannya langsung bekerja usai lulus tak lepas dari korelasi positif materi CoE yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri saat ini.  “Saat mengikuti CoE, saya dapat banyak ilmu yang tidak saya temui di kelas. Mulai dari pengamatan benur udang, stadia awal sampai panen hingga pengelolaan pakan alami Skeletonema sp dengan melakukan kultur setiap harinya. Itu semua selaras dengan kebutuhan untuk terjun langsung di dunia budidaya udang,” jelasnya.

Baca Juga : Bioling Turun ke Gresik, UMM Jadi Pembina Sekolah

Menariknya, Nila juga mendapatkan ekuivalensi tugas akhir dari kelas profesional tersebut sehingga tanpa melalui proses skripsi. Hal itu menjadi salah satu bukti nyata UMM dalam memberikan mekanisme tugas akhir sesuai dengan passion dan kompetensi keahlian mahasiswanya.

Dalam kesehariannya selama bekerja, Nila ditugaskan di laboratorium untuk melakukan pengecekan kualitas air. Dia juga menjelaskan pengecekan kualitas air media budidaya benur udang memiliki tiga parameter yakni fisika, kimia, dan biologi.

“Untuk yang parameter fisika, biasanya dengan mengecek suhu, salinitas, dan warna air budidaya. Sedangkan parameter kimia itu biasanya kita melakukan cek ph, alkalinitas, dan TOM (Total Organic Matter). Untuk parameter biologi kita mengamati plankton dan bakteri,” imbuhnya.

Baca Juga : HI UMM Gaet 9 Pemda, Branding Kota Berstandar Internasional

Lebih lanjut, peraih IPK 3,96 tersebut juga bersyukur melalui CoE Udang, dia mendapatkan banyak ilmu baru yang jarang didapatkan apabila tidak dihadapkan langsung dengan situasi dan kondisi di lapangan. Beruntungnya, UMM mampu mempertemukan mahasiswanya dengan DUDI untuk memberikan wadah dalam praktik setelah mendapat teori ilmu yang didapatkan selama perkuliahan.

Terakhir, dia berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk tetap konsisten dan jangan pernah malas dalam menuntut ilmu, senantiasa meningkatkan skill dan juga memperkuat relasi. Mengikuti CoE juga menjadi cara yang strategis agar bisa langsung bekerja dan mandiri tanpa menunggu lama. Banyak perusahaan yang membutuhkan skill yang sudah dipelajari di masing-masing CoE di UMM. (Faq/Wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image