Cegah Dating, Mahasiswa UMM Bikin Yoga Daring

Author : Humas | Sabtu, 08 Agustus 2020 13:13 WIB
Saat sesi yoga daring via Zoom (Foto: Istimewa)
Tidak dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 ini telah membawa dampak yang besar pada kehidupan. Ketidak pastian mengenai berakhirnya pandemi membuat banyak orang mengalami gangguan secara psikis yakni stres yang berlebihan. Ketika seseorang tidak dapat mengontrol atau memanajemen stresnya, selain dapat mengganggu sistem daya tahan tubuh, hal ini juga dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah dating (tekanan darah tinggi).
 
Melihat kondisi tersebut, sekelompok mahasiswa Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Bhaktimu Negeri Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang beranggotakan lima orang yakni Ryzka Faradiana, Dahlia Damayanti, Rizka Arizandi, Muthia Putrinahrisyah, dan Syifa Galih Ardina dengan bimbingan Dr. Fauzik Lendriyono, S. Sos., M.Si menyelenggarakan yoga daring via zoom dan live youtube bersama Komunitas Sanggar Senam Khanza Pare-Kediri (2/8). Yoga daring yang bertemakan “Menjaga Keseimbangan Alami Tubuh” ini diinstrukturi langsung oleh Mina Thalib Baladraf.
 
Baca juga: Tim Mahasiswa UMM Lolos Pendanaan Pemberdayaan Desa Kemendikbud RI
 
Manfaat dari yoga ini sendiri sebenarnya adalah dapat meningkatkan fungsi kelenjar endokrin dalam tubuh, meningkatkan sirkulasi darah keseluruh sel dan otak, meningkatkan kapasitas paru saat bernapas, membuang racun dalam tubuh, meremajakan sel-sel tubuh dan memperlambat penuaan, memurnikan saraf pusat yang terdapat di tulang punggung, dan masih banyak lagi.
 
“Pandemi bukan suatu halangan untuk tetap melakukan olahraga, seperti yoga di dalam rumah. Dengan adanya yoga daring ini, diharapkan menambah semangat untuk tetap menjaga kesehatan diri secara fisik dan psikis. Karena benefit dari yoga yakni dapat mengurangi ketegangan tubuh, pikiran, dan mental sehingga tidak rentan megalami stres yang berlebihan di masa pandemi ini,” ujar salah satu anggota kelompok PMM 27 UMM, Syifa Galih Ardina.
 
Baca juga: Mahasiswa UMM Edukasi Warga Pembuatan Jamu
 
Dalam yoga daring ini terdapat beberapa sesi, yakni pranayama, pemanasan, asana, restoratif, dan shavasana (relaksasi). Dimulai pukul 08.00 WIB, kegiatan yoga ini berlangsung selama kurang lebih satu jam. Peralatannya pun sederhana, yakni hanya matras atau alas tubuh lainnya agar lutut tidak mudah sakit ketika kegiatan berlangsung. Meskipun ada beberapa peserta yang kesulitan dengan sinyal smart phone-nya, tetapi kegiatan tersebut berlangsung dengan sangat baik dan penuh dengan semangat.
 
“Alhamdulillah, senang sekali bisa bergabung di kegiatan yoga daring ini. Ini merupakan pengalaman pertama saya menjadi instruktur yoga via zoom dan live youtube. Hal ini sangat berkesan karena walaupun kita berada di tempat yang berbeda bahkan jauh di lain kota atau pulau, kita masih tetap bisa yoga bersama,” ujar Mina Thalib Baladraf, instruktur yoga daring ini. (ysn/can)
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image