Bawa Misi Pengembangan Mahasiswa, Wakil Rektor III UMM Jadi Sekjend Forpimawa

Author : Humas | Jum'at, 30 Desember 2022 07:13 WIB
Wakil Rektor III UMM Dr. Nur Subeki, ST., MT. terpilih sebagai Sekretaris Jendral (Sekjend) Forpimawa (Foto: Istimewa)

Forum Pimpinan Kemahasiswaan (Forpimawa) adalah forum kemahasiswaan perguruan tinggi seluruh Indonesia yang menjadi wadah penyeimbang antara pimpinan perguruan tinggi dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hal tersebut dikatan oleh Dr. Nur Subeki, ST., MT. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiwaan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yang terpilih sebagai Sekretaris Jendral (Sekjend) Forpimawa. Adapun ia terpilih pada Desember ini dalam Rapat Pleno pemilihan ketua dan sekretaris bertempat di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Eki, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa Forpimawa merupakan mediator kerjasama perguruan tinggi dengan kementerian, salah satunya terkait beasiswa. Selain itu, Forpimawa juga fokus mnejalin kerjasama dengan pemerintahan dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dalam berbagai kompetisi mahasiswa.

Baca juga : UMM Kukuhkan Guru Besar Baru, Beri Kontribusi di Bidang Informasi Ekonomi

Ia menambahkan bahwa forum ini ikut andil dalam menentukan Sistem Pemeringkatan Perguruan Tinggi yang berkolaborasi dengan Kemendikbud-Ristek. Sistem pemeringkatan dinilai mampu melecut semangat perguruan tinggi untuk berinovasi dan menciptakan hal kreatif. Sistem ini juga mampu menciptakan pola pendampingan universitas yang dirasa besar, kepada perguruan tinggi yang dirasa masih berkembang.

“Melalui sistem pemeringkatan ini, ke depannya bisa membentuk pola pendampingan antar universitas. Ini juga menjadi langkah penyeimbang kualitas pendidikan di perguruan tinggi Indonesia,” imbuhnya.

Dosen Teknik Mesin UMM ini mengatakan bahwa Forpimawa ini tentu terus meningkatkan jumlah beasiswa, baik itu kerjasama dengan pemerintahan dan pihak swasta. Menurutnya, jika berhasil, minat pelajar untuk meneruskan ke jenjang kuliah akan lebih tinggi.

Baca juga : Kaji Pemilu, Tim UMM Menangi Ajang Debat Nasional

“Kami tentu ingin jumlah anak muda, khususnya pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang sarjana bisa meningkat. Salah satunya melalui penyediaan beasiswa yang akan kami usahakan. Tentu dengan menggaet berbagai pihak,” katanya.

Pada akhir wawancara, ia berharap Forpimawa ini bisa menjadi wadah saling sinergi antar universitas dan pemerintahan dalam menciptakan kualitas pendidikan yang lebih baik. Salah satunya melalui internalisasi sinergi dalam tubuh Forpimawa, sehingga forum kemahasiswaan ini berjalan searah dengan pengembangan mahasiswa. (haq/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image