Bagi Pengalaman Distance Learning Berbasis Tugas

Author : Humas | Selasa, 23 Juni 2020 09:54 WIB
Teguh Hadi Saputro, M.A. saat menyampaikan materi. (Foto: Istimewa)

Belajar dengan bantuan teknologi sudah menjadi keniscayaan di abad ke-21 ini. Maksudnya, mau tidak mau kita memang dipaksa untuk bisa belajar dengan bantuan teknologi. Salah satunya dalam pembelajaran bahasa, pemanfaatan teknologi ini akan lebih baik jika dilengkapi dengan pendekatan yang menggunakan tugas sebagai hal utama dalam memahami bahasa asing.

Hal ini disampaikan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, Teguh Hadi Saputro, M.A. dalam workshop daring bertajuk "Independent Learning Mindset and Project-Based Learning to Support Digital Teaching" pada Senin, 22 Juni 2020. Workshop ini dihadiri oleh 100 guru-guru mata pelajaran Bahasa Inggris SMA dan SMK.

Dalam webinar ini pula, Teguh membagikan pengalamannya selama menggunakan Computer Assisted Langauge Learning (CALL) dan Task-Based Language Teaching (TBLT) selama mengajar di prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Malang, kepada guru-guru untuk dijadikan contoh.

Baca juga: UMM-HISKI Bahas Pembelajaran Sastra di Masa Pandemi

Contoh riil penggunakan teknologi dalam pembelajaran bahasa adalah distance learning. Dalam distance learning, hal utama yang dibutuhkan adalah hasil yang bisa terlihat dari tugas yang dikumpulkan, namun tidak mengesampingkan proses komunikasi yang lancar dengan siswa.

"Dalam pembelajaran apapun, termasuk distance learning, teknologi mengikuti kurikulum, bukan kurikulum yang mengikuti teknologi," ucap Teguh. Oleh karenanya, teknologi tidak seharusnya mengurangi hal-hal yang seharusnya bisa dilakukan berdasarkan kurikulum.

Workshop daring ini disambut baik oleh guru-guru. Terlihat dari banyak peserta yang antusias untuk bertanya dan juga berbagi pengalaman mengajar. Selain itu, guru-guru juga memberikan komentar yang baik terkait materi yang diberikan. "Materi dan penjelasan yang diberikan sangat detil dan luar bermanfaat bagi kita," ucap Tri, guru SMK 17 Agustus 1945 Cluring. (*/can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image