Andai Aku Menteri Pendidikan jadi Tema Lomba Video Pendek RBC UMM

Author : Humas | Jum'at, 26 Januari 2024 03:52 WIB
Lomba Video Pendek RBC UMM (Foto : Istimewa)

Untuk mendorong kreativitas dan aspirasi siswa dalma dunia pendidikan, Rumah Baca Cerdas (RBC) Institute Abdul Malik Fadjar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adakan lomba video pendek. Agenda yang mengangkat tema "Andai Aku Menjadi Menteri Pendidikan ini dilaksanakans selama tiga bulan dan pemenangnya diumumkan pada pertengahan Januari ini. Turut hadir Hari Obbie, pemilik akun Youtube Kamujugabisa sebagai juri.

Koodinator panitia, Manda Danastri menjelaskan, kompetisi video pendek itu berhasil menarik lebih dari 30 peserta dari SMA dan SMK di seluruh Indonesia. Para peserta diberikan kesempatan untuk menuangkan ide, gagasan, dan harapan mereka terhadap peran seorang Menteri Pendidikan yang ideal.

“Kompetisi ini juga menjadi wadah bagi sisa-siswi Indonesia untuk menyuarakan aspirasi terkait dunia pendidikan di Indonesia,” tegasnya.

Baca juga : Dosen UMM Sebut FOMO Punya Manfaat

Manda juga mengatakan bahwa ia dan tim sangat bangga dengan semangat dan dedikasi teman-teman SMA dan SMK. Apalagi mereka mampu menyampaikan pesan-pesan positif terkait pendidikan. Menurutnya, ini menjadi salah satu cara anak muda berkotribusi memberikan perubahan yang baik dan inovasi yang mumpuni. 

Lomba video RBC UMM ini juga diharapkan dapat menjadi  inspirasi bagi para pelajar untuk terus berpikir kreatif dan proaktif dalam menyuarakan ide-ide mereka. Dengan demikian, mereka turut berperan dalam membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Addapun pemenang utama Lomba Video Pendek ini berhasil diraih oleh Diva, siswi dari SMA Negeri 1 Polewali, dengan judul video kreatif 'Generasi yang Berkualitas Butuh Pendidikan yang Berkualitas’. Dalam videonya, Diva mengangkat isu penting tentang kualitas pendidikan yang dibutuhkan oleh generasi masa depan. Keberhasilan suatu bangsa ditentukan oleh seberapa bagus pendidikan yang ada di negara tersebut.

Baca juga : PPG UMM Kukuhkan 2.050 Guru yang Miliki Skill Abad 21

Sementara itu, posisi runner-up ditempati oleh Rayyan, siswa dari MBS Al-Amin Bojonegoro. Ia membuat video yang menginspirasi berjudul ‘Membingkai Pendidikan Indonesia Lebih Baik Lagi’. Rayyan berhasil menarik perhatian juri dengan visinya tentang upaya bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain kedua pemenang tersebut, terdapat juga tiga pemenang hiburan yaitu kategori favorit, kategori cinematic most Vviews, dan kategori terunik. 

Acara penutupan Lomba Video Pendek itu juga diselenggarakan dengan penuh semangat di RBC Institute Abdul Malik Fadjar dengan talkshow Bersama Hariobbie. Pemenang-pemenang diumumkan dan diberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kreativitas dan ketajaman pandangan mereka terhadap dunia pendidikan. (*wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image