Urus Seni dan Olahraga Perlu Keharmonisan

Author : Humas | Sabtu, 05 Maret 2016 10:14 WIB
Berita UMM
 Penampilan Musikalisasi Puisi dari Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia FKIP UMM. Foto : M Zulfikar

KEHARMONISAN pengurus dinilai sangat menentukan keberhasilan sebuah program. Apalagi dalam dunia seni dan olahraga, pengurusnya harus menyatukan hati terlebih dahulu untuk bisa mensukseskan program-programnya. Dunia seni dan olahraga adalah dunia yang sulit disatukan. Hal ini dikemukakan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP, dalam sambutan pembukaan Rapat Kerja Lembaga Seni, Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, di UMM Dome, Jumat (04/02) malam.

Menurut Muhadjir, dakwah Muhammadiyah tidak hanya pada bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan. “Persyarikatan juga dapat mengambil peran besar di bidang seni dan olahraga sebagai sarana dakwah amar ma’ruf nahi munkar,” kata rektor UMM periode 2012-2016 ini.

Raker yang berlangsung selama tiga hari di hotel pendidikan UMM Inn diikuti oleh seluruh pengurus LSBO baik dari kantor Jakarta maupun Jogyakarta. Beberapa nama pengurus LSBO sudah dikenal publik sebagai selebritas, seperti artis El-Manik, sutradara Hanung Bramantyo, dan seniman Linda Purwanti. LSBO berada di bawah bidang diketuai Muhadjir, selain bidang pendidikan dan pondok pesantren.

Pada Raker kali ini, LSBO mengangkat tema 'Mengembangkan Seni Budaya dan Olahraga untuk Membentuk Karakter Bangsa'. Raker akan merancang program untuk lima tahun mendatang. "Yang paling penting programnya bisa menyatukan hati para anggota," ujar Muhadjir.

Ketua Pelaksana Raker, Tatang Ruhiyat, ST menungkapkan, saat ini adalah era nya perang proxy. Menurutnya, dalam perang proxy ini untuk mengalahkan lawan tidak lagi menggunakan senjata, melainkan melalui doktrin-doktrin budaya yang bisa merusak para generasi muda. Ia melihat Indonesia adalah salah satu negara yang sudah menjadi korban kekejaman perang proxy ini. "Makanya perlu adanya penguatan karakter bangsa melalui seni dan olahraga ini," terangnya.

Sementara itu, Ketua LSBO PP Muhammadiyah, Drs. H.M. Sukriyanto AR, M.Hum menerangkan kemajuan suatu bangsa ditentukan bagaimana kualitas pendidikannya. Pendidikan, lanjut Syukri, bisa didapat di sekolah, keluarga dan masyarakat. "Salah satu yang bisa menyatukan masyarakat adalah melalui kesenian dan olahraga ini," jelasnya.

Syukri memaparkan, salah satu program yang akan segera dijalankan adalah pembuatan film pendidikan. Dalam penggarapannya, LSBO PP Muhammadiyah akan bekerjasama dengan para sineas-sineas perfilman di Indonesia. "Nantinya melalui film ini kita gunakan untuk menggalang dana bantuan sosial," pungkasnya.

Pembukaan raker dimeriahkan berbagai kesenian seperti penampilan musikalisasi puisi dari mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, stand up commedy, puisi dan mocopat. Acara raker secara resmi dibuka oleh Rektor UMM, Drs. Fauzan, M.Pd dengan lantunan lagu Tuhan milik Bimbo. (gas/nas)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image