Rizkyka Wakili Jawa Timur di Ajang Putri Hijab Nasional

Author : Humas | Senin, 23 November 2020 11:12 WIB
Rizkyka Nanda Kurnia. (Foto: Istimewa)

MIMPI Rizkyka Nanda Kurnia, mahasiswa Prodi D-III Perbankan Keuangan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk menjadi seorang Putri Indonesia telah ia pupuk lama sekali. Dara berusia 19 tahun asal Desa Putukrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang ini memang sedari kecil ingin menjadi bintangnya kontes kecantikan Indonesia itu. Selangkah lagi mimpinya bakal terwujud. Hal itu berkat prestasi yang baru-baru ini diraihnya dengan dinobatkan sebagai The Winner Putri Hijab Jawa Timur 2020.

Pada Desember 2020 mendatang, Rizkyka bakal mewakili Provinsi Jawa Timur di ajang grand final Duta Hijab Nasional yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat. “Awalnya saya tidak pernah menyangka bahwa saya akan terpilih menjadi Putri Hijab Jawa Timur, karena ini adalah pengalaman pertama dan prestasi pertama kali. Yang saya dapat ini merupakan sebuah awal yang baik bagi saya dan ini merupakan salah satu impian saya menjadi seorang Putri sewaktu masih kecil,” kata Rizkyka.

Pada awal bulan November dilaksanakan audisi online dikarenakan masih dalam kondisi pandemi. Audisi terdiri dari tes tertulis dan wawancara meliputi kepribadian, pengalaman, dan agama. Setiap hari Ia mengaku belajar, berdoa, dan bertawakal kepada Allah. Ia pernah hampir menyerah, karena merasa tidak pantas bahkan sempat diremehkan. Namun Allah memberi kekuatan dan kehendak lain. Ia pun dinyatakan lolos 10 besar dan membuatnya bangkit serta bersemangat mengikuti audisi.

Baca juga: Mahasiswa UMM Rancang Alat Optimalisasi Sistem Panen Tebu

Pasca dinyatakan lolos sebagai The Winner Putri Hijab Jawa Timur, bukannya tanpa rintangan. Karena ajang ini diselenggarakan oleh pihak swasta, sebagian biaya akomodasi untuk melaju ke babak final dibebankan ke pemenang. Rizkyka hanya diberikan waktu 3 hari saja untuk melunasinya. Namun Ia meyakini, di balik kesulitan selalu ada jalan. Tak disangka, usaha berjualan hijab yang dirintis Rizkyka dan ibunya justru menjadi jalan penyelesaian masalah. Ia bisa menutup biaya akomodasi tersebut.

“Alhamdulillah, H-1 pembayaran ditutup saya mendapat rejeki dan usaha jualan hijab saya dan ibu laris manis. Sungguh Allah Maha Mendengar lagi Maha Baik. Saya sangat bersyukur, terharu, dan bahagia. Memang benar keajaiban Allah tidak dapat diragukan dan pasti akan terjadi. Apabila kita mempunyai keinginan. Maka kita harus niat ikhlas lahir batin, berusaha, dan berdoa kepada Allah SWT. Ketika kita sudah ikhlas meminta kepada Allah, Insyaallah, Allah pasti akan memudahkan segala urusan kita,” katanya.

Baca juga: Mahasiswa ini Ciptakan Sistem Pintar Pengaman Parkir Bertingkat

Ia berpesan kepada semua orang yang ingin meraih mimpinya untuk jangan pernah takut keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru. Hilangkan segala rasa insecure jika sudah ketetapan. Allah SWT tidak memandang cantik, pintar, ataupun kaya. Jika kita diremehkan oleh orang, dengarkan, ambil sisi positifnya. Ketika orang lain meremehkan, mereka hanya tidak tahu bagaimana perjuangan kita yang sebenarnya. Yang tahu hanya kita dan Allah maka serahkan semuanya kepada Allah SWT.

“Dengan segala dukungan serta doa dari kedua orang tua keluarga saudara teman guru dan dosen orang-orang terdekat dan semua yang selalu mendukung saya, bismillahirrahmanirrahim semoga nanti saya kembali bisa membawa pulang berita baik dan membanggakan untuk mengharumkan nama baik Jawa Timur segala harapan ada di genggaman tangan saya semoga Allah selalu meridhoi langkah saya. Aamiin ya rabbal'aalamin,” ungkap Rizkyka saat diwawancarai via WhatsApp, (21/11). (can)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image