Mahasiswa BIPA UMM Asal Vietnam Menangi Lomba Nyanyi se-Jatim

Author : Humas | Kamis, 05 Oktober 2023 06:53 WIB
Foto Nguyễn Hoài Ngân atau Ningsih (Foto : Istimewa)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tidak hanya mendorong mahasiswa lokal untuk meraih prestasi, namun juga para mahasiswa internasionalnya. Salah satunya mahasiswa Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) yang berasal dari Vietnam, Nguyễn Hoài Ngân. Ia berhasil meraih juara 2 dalam lomba menyanyi se-Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Timur di Hotel Yello Jemursari, Surabaya, 3 Oktober lalu. Setidaknya lomba tersebut diikuti oleh para peserta yang merupakan pemelajar asing yang berkuliah di universitas-universitas di Jawa Timur.

Lebih lanjut, Ningsih sapaan akrabnya, mengaku telah mempersiapkan lomba tersebut selama beberapa hari. Ia akhirnya juga memiliih dan membawakan dua lagu, yakni Indonesia Jaya dan Maju Tak Gentar. “Saya latihan terus menerus dalam 3 hari. Menguasai nada, intonasi, pelafalan dan juga menghafal lirik lagu yang saya bawakan. Cukup menantang dan membuat saya deg-degan,” katanya. 

Baca juga : Dosen Fisioterapi UMM Beri Tips Atasi Saraf Terjepit

Tidak hanya itu, mahasiswa yang memang memiliki hobi menyanyi itu, juga mengalami demam panggung sesaat sebelum tampil. Namun beruntung, dukungan para staf BIPA UMM membuatnya tegar dan mampu tampil dengan maksimal. Ia juga bangga dan senang bisa menorehkan juara dua di lomba tingkat Jawa Timur itu. 

“Rasa gugup tentu saya rasakan. Tapi itu saya patahkan dengan rasa percaya diri dan dukungan dari pendamping BIPA. Terimakasih juga kepada UMM yang memfasilitasi hobi saya dan mengantarkan saya menjadi juara” tambahnya senang. 

Terakhir, dia berpesan kepada seluruh mahasiswa BIPA yang ada di UMM untuk tidak ragu dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Apalagi mengingat UMM senantiasa memberikan wadah serta sarana prasarana yang mumpuni untuk pengembangan potensi. “Saya sangat berharap setiap mahasiswa di BIPA dapat mengembangkan potensinya sehingga bisa meraih prestasi dan mengharumkan nama kampus,” pesanya mengakhiri.

Baca juga : Keren, Prabowo Hipnotis Ribuan Mahasiswa UMM

Adapun keikutsertaan Ningsih merupakan bentuk komitmen dari BIPA UMM untuk mewadahi  minat dan bakat yang dimiliki mahasiswa asing. Hal itu juga selaras dengan misi BIPA yakni untuk memberikan pelayanan pembelajaran bahasa, seni, dan budaya yang mampu memenuhi kebutuhan dan harapan penutur asing. Sebelumnya, Ningsih juga seringkali diminta untuk mengisi dan tampil di beberapa kegiatan besar kampus. Misalnya saja pada penutupan Pesmaba, pentas seni, bahkan saat wisuda. (*faq/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image