Kukuhkan Internasionalisasi, UMM Tuan Rumah Pameran Pendidikan AS

Author : Humas | Senin, 09 Oktober 2023 07:42 WIB
Sambutan Pembukaan Pameran pendidikan Education USA U.S. Graduate Fairs Oleh Konsul Jenderal AS, Jonathan Alan (Foto : Faqih Humas)

Pameran pendidikan Education USA U.S. Graduate Fairs kembali digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), 5 Oktober lalu. Para mahasiswa bisa langsung berinteraksi dengan 20 perwakilan dari sederet universitas di Amerika Serikat (AS) dan lembaga pengelola dana pendidikan (LPDP), Komisi Fulbright (AMINEF), dan Kedutaan Besar AS.

Pameran tersebut juga menampilkan sesi tips membuat lamaran dan penulisan esai, personal branding, dan peluang beasiswa. Meskipun sebagian besar perwakilan universitas akan merekrut mahasiswa untuk program magister dan doktor di Amerika Serikat, pameran ini juga akan menampilkan sesi informasi bagi mahasiswa yang mencari program pertukaran jangka pendek dan program S1.

Konsul Jenderal AS, Jonathan Alan yang hadir menyampaikan, berbagai universitas yang ada di Amerika tentu akan memberikan pelayanan terbaik untuk mereka yang memiliki dedikasi tinggi kepada dunia pendidikan. Misalnya saja dengan mempertemukan mahasiswa dengan praktisi yang berkompeten untuk meningkatkan pengetahuan yang dibutuhkan.

Baca Juga : Bikin Prototipe Alat Pendeteksi Pangan, Mahasiswa UMM Menangi Lomba Nasional

Selain itu, dia juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh peserta pameran atas antusias yang luar biasa dalam mengikuti agenda ini. Terhitung, ada ribuan peserta yang turut serta, mendapatkan banyak pengetahuan, dan beberapa bingkisan.

Jonathan juga mengapresiasi UMM yang memiliki berbagai macam program unggulan, salah satunya Center of Excellence (CoE) yang juga memiliki tujuan untuk meningkatkan skill mahasiswa. Baik untuk keperluan dunia kerja industri maupun kemampuan riset. Menurutnya, hal itu juga bisa menjadi modal yang bagus bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi yang lebih intensif.

Dia juga menyampaikan kepada seluruh peserta untuk tidak ragu dalam mengorek informasi sedalam-dalamnya ke booth-booth yang telah disediakan. Apalagi event seperti ini sangatlah spesial dengan mendatangkan ihak dari berbagai universitas yang ada di AS. Seperti University of Michigan, Harvard University, New York University, dan lain sebagainya.

Baca Juga : ICEdu UMM Kaji Teknologi, Sebut AI Tidak Lebih Pintar dari Bayi

Sementara itu, salah satu peserta pameran Tirtania Wijayanti mengaku sangat senang dapat mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, event itu memudahkan mahasiswa yang ingin tahu lebih dalam terkait informasi melanjutkan pendidikan S2 ke AS serta berbagai beasiswa yang disediakan. Baik yang disediakan univesitas di AS atau juga pemerintah Indonesia.

“Seru dan sangat bermanfaat. Kami bisa mendapatkan info detail dari masing-masing booth. Jadi, saat kami ingin mendaftar, kami tidak lagi bingung dan sudahtahu cara serta kiatnya. Bisa langsung mengobrol dan bertanya berbagai hal ke perwkailan universitas dan bahkan alumninya,” pungkas Wijayanti. (Faq/Wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image