Gelar Seleksi Sivitas Akademika Terbaik, UMM Perkuat Kualitas SDM

Author : Humas | Jum'at, 03 Mei 2024 07:13 WIB
Seleksi Sivitas Akademika Terbaik UMM (Foto : Yafi Humas)

Untuk mengukuhkan kualitas sivitas akademikanya, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gelar seleksi dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa terbaik. Adapun seleksi tersebut dilaksanakan pada 30 April lalu di Rayz Hotel UMM. Turut hadir beberapa juri yang memiliki keahlian dan kemampuan mumpuni untuk menilai para kandidat.

Wakil Rektor V UMM bidang AIK dan pengembangan SDM, Prof. Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si. menjelaskan bahwa tujuan sebenarnya yang ingin dicapai adalah membangun kinerja dosen maupun tendik secara berkelanjutan. Selain itu juga mengkhidmatkan diri untuk meningkatkan kompetensi dan pelayanan secara berkesinambungan. 

Ada beberapa penilaian yang diberikan dalam seleksi tersebut. Untuk dosen berprestasi, penilaiannya meliputi tri dharma, yakni penelitian, pengaaran, dan pengabdian. Karya-karya internasional dan pengabdian yang memberikan kemanfaat pada masyarakat sesuai dengan bidang keilmuan juga menjadi penilaian khusus.

Baca juga : Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana UMM dengan Simulasi Terjun dari Gedung

“Bagaimana dosen tersebut mampu menghasilkan inovasi yang benar-benar bisa dirasakan dan dimanfaatkan masyarakat. Selain itu keaktifan di persyarikatan Muhammadiyah juga memberikan nilai plus. Baik itu aktif di kepengurusan maupun menggerakan pengambangan Muhammadiyah,” tambah Tri, sapaan akrabnya. 

Penilaian serupa juga diberikan pada tenaga pendidik atau pegawai. Bagaimana mereka bisa memaksimalkan kinerja utama, kinerja bulanan, dan lainnya. Begitupun dengan inovasi serta bagaimana mereka bisa melaksanakan pekerjaan dengan efisien. “Harapannya, tentu agar sivitas akademika UMM bisa terus meningkatkan kualitas. Berlomba-lomba dalam kebaikan dan mampu berpartisipasi aktif dalam Muhammadiyah,” katanya.

Baca juga : Nobar Semifinal AFC Timnas di Helipad UMM, Ramai dan Penuh Doorprize

Di sisi lain, Rektor UMM Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. mengatakan, ada dua hal yang mempengaruhi pengembangan sumber daya manusia (SDM). Pertama, yakni bagaimana upaya institusi untuk mendorong SDM melalui sistem agar mampu meningkatkan skill, kompetensi, dan pengetahuannya. Selain itu perlu adanya capaian-capaian yang mudah diidentifikasi, ada indikatornya dan terukur. Kedua, yakni peningkatan skill dan kompetensi kerja melalui diklat maupun pelatihan.

“Sebagai pembelajara di bidang strategi SDM, saya meyakini bahwa membangun ekosistem dan sistem yang mendorong orang untuk bekerja sebaik-baiknya adalah hal yang bagus. Mari kita lahirkan keunikan-keunikan UMM dengan mempraktekkan pergaulan yang Islami. Mudah-mudahanini menjadi langkah baik yang diridai oleh Allah SWT. Selamat semuanya, panitia, penguji, penilai, dan kandidat,” katanya mengakhiri. (wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image