DPP IMM Galang Kekuatan Wirausaha Muda

Author : Humas | Jum'at, 04 Maret 2016 15:44 WIB

DEWAN Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menggelar kegiatan Entrepreneur Youth Camp di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis-Jumat (03-04/02). Bertajuk “Menggalang Kekuatan Wirausaha Muda dalam Menyambut Persaingan Global”, kegiatan ini mendorong generasi muda untuk bisa bersaing di era perdagangan global dan hidup mandiri dengan menjadi seorang entrepreneur.

      Direktur Badan Usaha Milik Ikatan (BUMI) DPP IMM Syamsul Bahri Nasution mengatakan, selain membuka wawasan anggota IMM di bidang kewirausahaan, kegiatan ini juga memberikan gambaran kepada masyarakat jika organisasi kemahasiswaan tidak hanya bicara di tataran akademis saja. “Ini adalah cara baru kami untuk mengajak mengeksekusi ide-ide para mahasiswa khususnya di bidang kewirausahaan untuk dijadikan sebuah aksi,” ujarnya.

      Syamsul mengungkapkan, BUMI bukan hanya bisa memfasilitasi para anggota organisasi IMM, namun juga bisa semua mahasiswa universitas di bawah naungan Muhammadiyah yang ingin berwirausaha. Ia menjelaskan, IMM tidak ingin anggotanya sama sekali buta dengan dunia bisnis. “Makanya kami akan bina dengan menawarkan peluang bisnis dan kerjasama,” terangnya.

      Ia menuturkan, untuk menjalankan bisnis mahasiswa seringkali berpikir dan terjebak kendala pembiayaan. Hal tersebut memang sangat perlu dipertimbangkan, namun menurutnya, terjun langsung dan berani mengambil resiko bisnis jauh lebih penting dikedepankan. “Karena berbisnis itu candu, kalo gagal kita akan penasaran bagaimana bisa memperbaikinya lagi,” paparnya.

      Di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) seperti sekarang, Syamsul melihat sebenarnya Indonesia memiliki banyak sekali potensi dan peluang bisnis yang bisa dimaksimalkan. Namun selama ini potensi tersebut justru dimanfaatkan negara lain. Oleh karenanya ia mengajak agar mahasiswa tidak lagi bergantung dengan lapangan pekerjaan yang semakin sempit tapi justru menciptakan lapangan kerja sendiri. "Mulai dari kecil-kecilan tidak masalah, asalkan dijalankan dengan niat dan tekad untuk berkembang," jelasnya.

      Beberapa pembicara yang dihadirkan pada kegiatan ini yaitu Drektur dan Owner Wardah Cosmetics Nurhayati Subakat, Direktur Pandu Logistik Jimmi Krismiardhi, dan Owner Esa Medco Technology Tsalis Rifai, dan trainer SDM nasional yang juga Dosen Fakultas Psikologi UMM Yudi Suharsono. Sementara keynote speech disampaikan oleh Rektor UMM Fauzan. (gas/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image