Calon Pembantu Rektor UMM Diajukan ke PP Muhammadiyah

Author : Humas | Kamis, 24 Maret 2016 15:37 WIB
Rektor UMM Fauzan sedang memberikan hak suaranya pada pemilihan Pembantur Rektor UMM. (Foto : Rino Anugrawan)

SETELAH sebelumnya Rektor baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) periode 2016-2020, Fauzan, resmi dilantik pada awal Februari, UMM segera memiliki Pembantu Rektor (PR) I, II dan III yang baru. Saat ini, nama-nama calon PR tengah diajukan ke Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah untuk diputuskan secara resmi.

      Rapat pemilihan calon PR berlangsung pada Senin (21/3) diikuti 21 anggota senat universitas dan disaksikan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Malang Raya, Badan Pembina UMM, serta fungsionaris mahasiswa dari kalangan BEM Universitas dan Koordinator Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UMM.

      Ketua PWM Jawa Timur Prof Dr Saad Ibrahim MA mengatakan, agar sebuah organisasi bisa maju maka diperlukan leader dan manager. Leader adalah sang pemimpin yang selalu melihat ke depan dan berpikir melampaui jamannya, sementara manager bertugas mengelola agar pikiran-pikiran itu bisa terlaksana. Dalam konteks ini, PR I, II, dan III adalah para manager yang akan menyokong peran Rektor sebagai sang leader.

      Sementara itu sekretaris Badan Pembina UMM, Wakidi, menilai tradisi empat tahunan ini sebagai bukti bahwa jabatan itu terbatas. “Jabatan yang nantinya akan diberikan pada pembantu rektor terpilih itu terbatas waktunya, karena itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin, pada posisi masing-masing, untuk mencapai tujuan UMM,” paparnya.

      Proses penjaringan calon PR berlangsung demokratis karena merupakan gabungan antara prinsip meritokrasi dan usulan fakultas. Ketua panitia pemilihan, Dr Sulardi SH MSi, yang bertugas memimpin rapat pemilihan menjelaskan, semula panitia mendata seluruh dosen UMM yang memenuhi syarat peraturan tata tertib pemilihan PR, yang kemudian ditemukan 91 nama.

      Selanjutnya, 91 nama tersebut diserahkan ke fakultas-fakultas untuk memilih tiga nama pada masing-masing posisi. Hasilnya, posisi calon PR I masuk 15 nama, calon PR II 18 nama, dan calon PR III 15 nama. Rektor lantas memilih sembilan nama, yaitu tiga nama dari masing-masing posisi untuk diserahkan pada senat universitas.

      Kemudian, atas kesepakatan rapat senat, nama-nama yang diajukan dipilih lagi oleh senat sebagai bahan pertimbangan bagi PP Muhammadiyah. Adapun hasil pemilihannya yaitu, calon PR I; Prof Dr Syamsul Arifin Msi (19 suara), Dr Ir Damat MP (7 suara) dan Dr Vina Salviana Darvina MSi (5 suara), calon PR II; Dr Nazaruddin Malik MSi (19 suara), Ir Sudarman MT (7 suara), dan Prof Dr Rahayu Hartini SH MSi MHum (5 suara), serta calon PR III; Dr Sidik Sunaryo SH MSi (14 suara), Dr Latipun MKes (13 suara) dan Dr Yus M Cholily MSi (4 suara).

      Kesembilan calon ini selanjutnya akan diajukan ke PWM Jawa Timur untuk dimintakan rekomendasi dan selanjutnya akan ditetapkan secara resmi oleh PP Muhammadiyah melalui rapat pleno. (han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image